RINDI LESTARI, CARLA (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI BERKONTEKS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI BERKONTEKS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.docx Download (235kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (18kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (149kB) |
Abstract
ABSTRAK Lestari, Carla Rindi. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bioteknologi Berkonteks Socio-Scientific Issues (SSI) SMA Negeri 3 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Retni S. Budiarti, S.Pd., M.Si., (II) Desfaur Natalia, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Berpikir Kritis, Socio-Scientific Issues (SSI), Bioteknologi Perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia dapat dilakukan dengan cara mengubah sistem pembelajaran yang selama ini berpusat pada guru (teacher centered) menuju pembelajaran yang lebih bermakna yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). dalam mencapai tujuan pembelajaran tersebut, peserta didik dituntut tidak hanya memiliki kemampuan berpikir tingkat rendah (lower order thinking) tetapi sampai pada kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking). Salah satu keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis dapat dikembangkan melalui bahan kajian yang berhubungan dengan kehidupan sosial. Socio-Scientific Issues (SSI) merupakan isu-isu sosial yang bersifat kontroversial tetapi membutuhkan tingkat penalaran dan etika dalam mengambil keputusan sehingga dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam belajar dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa berkonteks Socio-Scientific Issues (SSI) dengan tema bioteknologi di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 3 Kota Jambi, tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini adalah deskriptif analisis. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 2 tahun ajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis dan lembar angket serta wawancara guru. Hasil uji coba instrumen dianalisis dengan menggunakan program ANATES V4. Data hasil uji coba instrumen dianalisis guna untuk mengetahui validitas, reabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda. Kemampuan berpikir kritis siswa yang diteliti dalam penelitian ini meliputi lima aspek keterampilan berpikir kritis menurut Robert Ennis, yaitu Memberikan penjelasan secara sederhana, Membangun keterampilan dasar, Menyimpulkan, Memberikan penjelasan lanjut dan Mengatur strategi dan taktik. Hasil rata-rata dari lima aspek kemampuan berpikir kritis untuk tes uraian diperoleh sebesar 72,02% termasuk dalam kategori tinggi dan analisis angket diperoleh sebesar 88,70% termasuk dalam kategori sangat tinggi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QR Microbiology |
Depositing User: | CARLA RINDI LESTARI |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 08:42 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 08:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9479 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |