PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK SEJARAH MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESIONAL MATERI PERKEMBANGAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME EROPA SISWA KELAS XI SMA PGRI 2 KOTA JAMBI

ANGRIANI, SELVIA (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK SEJARAH MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESIONAL MATERI PERKEMBANGAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME EROPA SISWA KELAS XI SMA PGRI 2 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK SEJARAH MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESIONAL MATERI PERKEMBANGAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME EROPA SISWA KELAS XI SMA PGRI 2 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (635kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (218kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Angriani, Selvia. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Sejarah Menggunakan Flip Pdf Profesional Materi Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme Eropa Siswa Kelas XI SMA PGRI 2 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum, M.Pd.,(II) Amir Syarifuddin, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Media Pembelajaran E-Book Sejarah, Flip PDF Profesional, Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme Eropa. Pelajaran sejarah merupakan salah satu yang membutuhkan media dengan unsur gambar, suara dan gerak. Banyak materi yang disampaikan dengan media berupa unsur gambar, suara, dan gerak dikarenakan sejarah sendiri menuntut rekonstruksi kejadian masa lampau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan Media Pembelajaran e-book sejarah menggunakan Flip PDF professional dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang telah dikembangkan. Pengembangan media pembelajaran e-book sejarah menggunakan flip pdf professional ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analisis, Desaian, Development, implementasi dan Evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk media pembelajaran yang dikemmas dalam bentuk file yang dibuat menggunakan aplikasi flip pdf professional. Produk tersebut divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli desain. Dari hasil validasi materi diperoleh persentase sebesar 98,50% masuk dalam kategori sangat baik, validasi media diperoleh persentase sebesar 85% masuk dalam kategori sangat baik, dan hasil validasi ahli desain diperoleh persentase sebesar 81,5% masuk dalam kategori sangat baik. Adapun hasil angket uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 76,5% masuk dalam kategori sangat baik, dan ujicoba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 89% masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan edia pembelajaran e-book sejarah menggunakan flip pdf professional dapat digunakan oleh guru sebagai alternative guru dalam melakukan prose belajar mengajar, serta guru dapat mengembangkan media tersebut dengan materi yang berbeda dan media ini dapat menarik minat siswa dalam belajar sejarah dan dapat membantu siswa dalam memahami materi pemelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SELVIA ANGRIANI
Date Deposited: 15 Oct 2019 00:40
Last Modified: 15 Oct 2019 00:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9517

Actions (login required)

View Item View Item