PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOVERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2018 / 2019

URRAHMAN, AULIA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOVERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2018 / 2019. JURNAL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOVERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2018 / 2019.

[img] Text
COVER.docx

Download (28kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (137kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK Aulia Urrahman. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Dra. Hj. Muazza, M.Si, Pembimbing II Riyo Riyadi, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Script, Hasil Belajar Ekonomi Model pembelajaran cooperative script dan model pembelajaran take and give adalah model pembalajaran yang tepat diterapkan pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi, model cooperative script dan take and give ini menekankan kepada pengembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotor secara seimbang sehingga pemelajaran mulai strategi ini dianggap lebih bermakna. Model ini juga dapat memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka serta dapat melayani kebutuhan seswa yang sesuai dengan gaya belajar mereka serta dapat melayani kebutuhan siswa yag mimiliki kemampuan rata-rata. Artinya, siswa yang memiliki kemampuan belajar bagus tidak akan terhambat oleh siswa yang lemah dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan ini kuantitatif, Dalam penelitian ini akan di gunakan Nonequivalen control group design. Sehubungan dengan penelitian ini, akan diungkap mengenai pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian, pada taraf signifikan α = 0,05, dapat dilihat bahwa Lhitung < Ltabel untuk kedua kelas sampel. Yaitu 0,1056 < 0,1437 untuk kelas eksperimen dan 0,0725< 0,1437 untuk kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berdistribusi normal. Dari uji homogenitas bahwa Fhitung < Ftabel, yaitu 0,81 < 3,32 maka dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen dan kelas control memiliki variansi yang homogen. Sedangkan uji t yang di gunakan dilihat bahwa thitung > ttabel yaitu 7.677158 > 1,6657 . t tabel didapat dari n1+n2 -2 = 74 yang dalam distribusi t tabel didapat nilai 1,6657 Data tersebut menunjukan pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Coovarative Script terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 5 kota jambi. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Depositing User: AULIA URRAHMAN
Date Deposited: 14 Oct 2019 04:48
Last Modified: 14 Oct 2019 04:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9518

Actions (login required)

View Item View Item