PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 8 MUARO JAMBI TAHUN AJARAN 2018/ 2019

ADE CRISTIANTO, WAHYU (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 8 MUARO JAMBI TAHUN AJARAN 2018/ 2019. JURNAL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 8 MUARO JAMBI TAHUN AJARAN 2018/ 2019.

[img] Text
COVER.docx

Download (28kB)
[img] Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK Cristianto A, Wahyu. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 8 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt. BA. M.Si., (II) Ahmad Nasori, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Talking Stick, Hasil Belajar Ketika proses pembelajaran ekonomi masih banyak siswa yang mengalami masalah hingga berdampak pada hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini ditandai saat belajar berlangsung siswa sibuk dengan urusan sendiri diluar konteks pembelajaran saat pembelajaran sedang berlangsung, mengganggu teman, siswa hanya mendengar dan mencatat dan siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang kurang menyenangkan dan guru terlalu sering menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Quasi Experimental. Pengambilan sampel penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 2. Kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran dengan penerapan metode Talking Stick sedangkan kelas kelas kontrol diterapkan pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe talking stick lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Berdasarkan perhitungan diperoleh Thitung = 3,446. Kriteria pengujian adalah dengan dk = N1 + N2 – 2 maka diketahui dk = 30 + 30 – 2 = 58 dan dapat dilihat pada tabel distribusi t dk = 60 dengan taraf signifikan 0,05 adalah 2,000. Dengan demikian nilai Thitung>Ttabel (3,446>2,000) berarti Ha diterima dan Ho ditolak, Jadi kesimpulannya Penerapan Model pembelajaran Talking Stick lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di bandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas X IPS di SMA Negeri 8 Muaro Jambi Berdasarkan kesimpulan tersebut maka, sebaiknya dalam melakukan pengajaran menggunakan model pembelajaran Talking Stick khususnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WAHYU ADE CRISTIANTO
Date Deposited: 14 Oct 2019 04:48
Last Modified: 14 Oct 2019 04:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9519

Actions (login required)

View Item View Item