PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU PADA SISWA SMP NEGERI 16 MUARO JAMBI

PURNOMO, PURNOMO (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU PADA SISWA SMP NEGERI 16 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU PADA SISWA SMP NEGERI 16 MUARO JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (109kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)

Abstract

ABSTRAK Purnomo. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif think pair share (TPS) terhadap hasil Belajar IPS Terpadu pada Siswa SMP Negeri 16 Muaro Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Dra. Hj. Muazza, M.Si, Pembimbing II Ahmad Nasori, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif think pair share (TPS), hasil Belajar IPS Ketika proses pembelajaran IPS masih banyak siswa yang mengalami masalah hingga berdampak pada hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Hal ini ditandai saat belajar siswa sibuk dengan urusan sendiri diluar konteks pembelajaran saat pembelajaran di kelas, mengganggu teman, siswa hanya mendengar dan mencatat dan siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang kurang menyenangkan dan guru terlalu sering menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh model pembelajaran Think Pair Share pada matapelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 16 Muaro Jambi. Data penelitian ini diperoleh dengan melakukan penilaian menggunakan lembar observasi awal selama proses pembelajaran dan memberikan tes kepada siswa yang sebelumnya diberikan perlakuan terlebih dahulu menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Setelah dilakukan tes, hasil penghitungan dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan rumus statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Think Pair Share terhadap hasil belajar ekonomi siswa yang ditunjukkan melalui penghitungan yang dinilai oleh peneliti saat mengajar di kelas yaitu terlihat pada hasil rata-rata penilaian kelas eksperimen (82) lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan modl pembelajaran Numbered Head Together (75). Dan dengan melihat hasil uji t-test dengan perolehan hasil koofisien t hitung > t tabel (3,349 > 1,980). yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi kesimpulannya Penerapan Model pembelajaran Think Pair Share lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di bandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together di kelas VIII SMP Negeri 16 Muaro Jambi.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Depositing User: PURNOMO
Date Deposited: 14 Oct 2019 04:47
Last Modified: 14 Oct 2019 04:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9520

Actions (login required)

View Item View Item