ANALISIS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN SCAFFOLDING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LARUTAN PEYANGGA DI SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI

AZHABUL YAMIN, MUHAMMAD (2019) ANALISIS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN SCAFFOLDING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LARUTAN PEYANGGA DI SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN SCAFFOLDING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LARUTAN PEYANGGA DI SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (8kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (348kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK Yamin, Muhammad Azhabul. 2019. Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Scaffolding Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 10 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Drs. Affan Malik, M.E., Pembimbing II: Dra. M. Dwi Wiwik Ernawati, M.Kes. Kata kunci: Bantuan (Scaffolding), Model Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kreatif, Larutan Peyangga. Keterampilan berpikir kreatif adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru yang terdiri dari beberapa aspek yaitu kepekaan (sensitivity), kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration). Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah model Problem Based Learning. Scaffolding adalah bantuan yang diberikan kepada siswa dalam bantuk bimbingan, pengarahan, penguatan, dan motivasi. Untuk mengukur kemampuan ini perlu dilakukan analisis pengaruh scaffolding terhadap keterampilan berpikir kreatif pada model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Problem Based Learning dengan Scaffolding dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi larutan peyangga di SMAN 10 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model Concurrent Embedded. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa angket penilaian diri, tes essay, lembar observasi keterampilan berpikir kreatif, serta lembar observasi penerapan model oleh guru dan siswa. Teknik analisa data kualitatif menggunakan Miles and Huberman dan teknik analisis kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment pearson dan uji-t. Keterlaksanaan model Problem Based Learning dengan Scaffolding oleh guru dan siswa mengalami kenaikan setiap pertemuan dengan rata-rata sebesar 69,61% dan 69,97% dengan kategori baik. Hubungan keterlaksanaan model Problem Based Learning dengan Scaffolding dan korelasinya terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dikategorikan kuat dengan rXY = 0,6972. Uji signifikansi dilakukan dengan uji-t dan diperoleh thitung > ttabel (5,502 > 2,036) dengan dk = 34 dan taraf nyata α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berjalan dengan baik dan berkorelasi terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi larutan peyangga di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 10 Kota Jambi. v

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MUHAMMAD AZHABUL YAMIN
Date Deposited: 15 Oct 2019 02:52
Last Modified: 15 Oct 2019 02:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9539

Actions (login required)

View Item View Item