PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA UNTUK KELAS XI SMA

SUCIATI, AMALIA (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA UNTUK KELAS XI SMA. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA UNTUK KELAS XI SMA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (108kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (436kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Suciati, Amalia. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol VideoScribe pada Materi Sistem Pernafasan Manusia untuk Kelas XI SMA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si. (2) M. Erick Sanjaya, S.Pd.,M.Pd Kata Kunci: Media, Pembelajaran, Sparkol VideoScribe. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe pada materi sistem pernafasan manusia, dan mengetahui kelayakan dari suatu produk serta respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran. Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan Research and Developmen (R&D) model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan diantaranya: Anallysis, design, development, implementation dan evaluation. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dan kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA 11 Muaro Jambi yang terdiri dari 6 peserta didik kelompok kecil dan 15 peserta didik kelompok besar. Serta 1 orang guru mata pelajaran biologi sebagai pratikalitas, dengan menggunakan angket untuk melihat skor penilaian dari responden. Hasil validasi oleh validator media mendapat skor penilaian akhir 37 dengan persentase 84% dengan kategori “Sangat baik” dan validator materi mendapat skor penilaian akhir 35 dengan persentase 87,5% dengan kategori “Sangat baik”. Kelompok besar mendapat skor 529 dengan persentase 88,2% dengan kategori “Sangat baik” kelompok kecil medapat skor 202 dengan persentase 84,1% dengan kategori “Sangat baik” dan respon guru mendapat skor 36 dengan persentase 90%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan dapat digunakan dan layak sebagai media pembelajaran dan sumber belajar. Media pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe pada materi sistem pernafasan manusia yang telah dikembangkan dapat dijadikan sebagai sumber belajar dan bahan ajar yang dapat membantu guru dalam menyampaikan pembelajaran dan dapat membantu peserta didik memahami materi sistem pernafasan manusia secara detail dan mandiri.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: AMALIA SUCIATI
Date Deposited: 15 Oct 2019 08:38
Last Modified: 15 Oct 2019 08:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9558

Actions (login required)

View Item View Item