PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS VII SMP

HARSADI, YUNITA (2019) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS VII SMP. JURNAL PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS VII SMP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)

Abstract

ABSTRAK Harsadi, Yunita. 2019. Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa Kelas VII SMP. Skripsi Pembimbing I Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si. Pembimbing II Ali Sadikin, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci :Modul, Pendekatan Kontekstual, Ekosistem. Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang dikemas secara utuh dan sistematis, didalamnya memuat seperangkat pengalaman belajar yang terencana dan didesain untuk membantu peserta didik untuk menguasai tujuan belajar. Hal tersebut belum di terapkan di SMP Negeri 22 Kota Jambi pada umumnya guru lebih mengandalkan bahan ajar yang berasal dari buku Paket dan LKPD. Selainitu, proses pembelajaran masih banyak dilakukan dengan menggunakan pendekatan konvensional, metode ceramah dan jarang menerapkan pembelajaran langsung keluar lingkungan sekolah. Penelitianini bertujuan untuk mengembangkan modul dengan judul Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa Kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengguanakan model pengembangan ADDIE. Model ini dimulai dengan analisis kebutuhan, kemudian merancang modul, mengembangkan modul, implementasi modul dan evaluasi modul. Validasi modul dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi olehahli media sebanyak 2 kali di peroleh persentase akhir 77,5% (sangatbaik) dan hasil validasi oleh ahli materi sebanyak 3 kali di peroleh persentase akhir 77,5% (sangatbaik). Hasil ujicoba kepada guru IPA yaitu 98,4% (sangatbaik) dan ujicoba kelompok kecil dengan persentase 91,9% (sangatbaik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa produk Modul Pendekatan Kontekstual Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa Kelas VII SMP layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa dalam proses pembelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: YUNITA HARSADI
Date Deposited: 16 Oct 2019 00:13
Last Modified: 16 Oct 2019 00:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9567

Actions (login required)

View Item View Item