PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LIFE SKILL UNTUK ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) SEI BULUH KABUPATEN BATANG HARI

DESIAWATI, UFRIDA (2019) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LIFE SKILL UNTUK ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) SEI BULUH KABUPATEN BATANG HARI. JURNAL.

[img] Text
COVER.docx

Download (138kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (134kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Desiawati, Ufrida. 2019. Pengembangan Desain Pembelajaran IPA Berbasis Life Skill untuk Anak Didik Pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Sungai Buluh Kabupaten Batang Hari: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Ir. Bambang Hariyadi, M.Si., Ph.D., (2) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si., Kata Kunci: desain pembelajaran IPA, life skill, anak didik pemasyarakatan Anak didik pemasyarakatan merupakan sebutan bagi anak-anak di bawah umur yang bermasalah dengan hukum. Pembinaan yang diberikan kepada anak didik pemasyarakatan hendaknya juga dilengkapi dengan life skill atau kecakapan hidup sebagai bekal menghadapi kehidupan selanjutnya. Pengembangan life skill dapat diteraokan melalui pembelajaran IPA. Pembelajaran IPA diterima oleh anak didik pemasyarakatan melalui pendidikan kesetaraan paket B di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran IPA berbasis life skill untuk anak didik pemasyarakatan. Adapun aspek-aspek life skill yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah personal skill (kecakapan pribadi), social skill (kecakapan sosial), dan vocational skill (kecakapan keterampilan). Model pengembangan yang digunakan yaitu Model Borg and Gall, namun hanya digunakan lima langkah dari sepuluh langkah yang ada. Uji coba desain pembelajaran dilakukan di Sungai Buluh Kabupaten Batang Hari bagi anak didik pemasyarakatan yang mengikuti pendidikan kesetaraan paket B. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket validasi desain pembelajaran, wawancara tanggapan guru, serta pengamatan aktivitas belajar anak didik pemasyarakatan. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan desain pembelajaran dikembangkan menggunakan lima tahapan yaitu pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba produk, dan revisi produk. Dari hasil validasi ahli diperoleh skor 212 dangan persentase 88,8% dan termasuk pada kategori “sangat sesuai”. Dari hasil wawancara tanggapan guru dinyatakan bahwa desain pembelajaran IPA berbasis life skill sesuai untuk anak didik pemasyarakatan, dan perlu dikembangkan lebih lanjut dengan variasi materi yang berbeda. Hal ini juga didukung dengan hasil pengamatan aktivitas belajar anak didik pemasyarakatan diperoleh skor 83 dengan persentase 83,8% dan termasuk pada kategori ”baik”. Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa desain pembelajaran IPA berbasis life skill layak dan sesuai untuk digunakan untuk pembelajaran anak didik pemasyarakan di LPKA. Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat menyempurnakan penelitian ini dengan melakukan uji efektivitas sehingga dapat diketahui bagaimana efektivitas desain pembelajaran IPA berbasis life skill tersebut.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: UFRIDA DESIAWATI
Date Deposited: 16 Oct 2019 00:13
Last Modified: 16 Oct 2019 00:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9570

Actions (login required)

View Item View Item