ANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

WARDIYAH, WARDIYAH (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. JURNAL ANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR.

[img] Text
COVER.docx

Download (152kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (143kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Wardiyah : “Analisis Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV di SD Negeri 131/IV Kota Jambi”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Drs. Syahrial, M.Ed, P.hd (2) Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd Kata kunci: Kemampuan Berbicara Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan berbicara siswa kelas IV di SD Negeri 131/IV Kota Jambi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri 131/IV Kota Jambi berjumlah 20 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan teknik tes dan pengukuran. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengumpulkan data, menyajikan data, dan menentukan nilai. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti mengenai kemampuan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 131/IV Kota Jambi pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui teknik pengumpulan data dan berbagai metode, kemudian mengolah dan menganalisis data sebagaimana telah peneliti paparkan dari bab 1 sampai 5, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 131/IV Kota Jambi pada pembelajaran meliputi kemampuan siswa dalam melafalkan kata atau kalimat dengan tepat, menggunakan tempo, jeda, serta suara sesuai dengan isi, mampu membuka dan menutup pembicaraan sesuai dengan konteks pembicaraan, mampu memaparkan inti pembicaraan secara runtut, ketepatan pembicaraan, sikap tubuh ketika berbicara tegap, percaya diri dan tidak kaku, serta menguasai topik pembicaraan. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 131/IV Kota Jambi menunjukan bahwa tidak ada siswa yang masuk kategori sangat baik sebanyak 0 siswa atau sebesar 0%, kategori baik sebanyak 5 siswa atau sebesar 25%, kategori cukup baik sebanyak 10% siswa atau sebesar 50%, kategori kurang sebanyak 5 siswa atau sebesar 25%. s

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WARDIYAH
Date Deposited: 16 Oct 2019 06:35
Last Modified: 16 Oct 2019 06:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9573

Actions (login required)

View Item View Item