PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPS SMAN 2 MUARO JAMBI

Eka Wulandari, Afrida (2019) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPS SMAN 2 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPS SMAN 2 MUARO JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (528kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Wulandari, Afrida Eka. 2019. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru dan Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Muaro Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. Ekawarna, M.Psi., (II) Anny Wahyuni, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: Persepsi Kompetensi Profesional Guru, Manajemen Kelas, Motivasi Belajar Sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan manajemen kelas terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 Muaro Jambi tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Data penelitian diperoleh dari penyebaran angket kepada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 Muaro Jambi tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 Muaro Jambi karena nilai thitung (5,106) > ttabel (1,990) dan nilai probabilitas signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Ini berarti semakin tinggi persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru maka akan mengakibatkan motivasi belajar sejarah tinggi pula. (2) Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang manajemen kelas terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 Muaro Jambi karena nilai thitung (6,629) > ttabel (1,990) dan nilai probabilitas signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Ini berarti semakin tinggi persepsi siswa tentang manajemen kelas maka akan mengakibatkan motivasi belajar siswa sejarah tinggi pula. (3) Terdapat pengaruh bersama antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan manajemen kelas terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XII SMA Negeri 2 Muaro Jambi karena nilai Fhitung (24,650) > Ftabel (3,10) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Ini menunjukkan adanya pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan manajemen kelas terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XII SMA Negeri 2 Muaro Jambi. Ini berarti semakin tinggi persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan manajemen kelas maka akan mengakibatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas XII SMA Negeri 2 Muaro Jambi juga tinggi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AFRIDA EKA WULANDARI
Date Deposited: 16 Oct 2019 06:30
Last Modified: 16 Oct 2019 06:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9575

Actions (login required)

View Item View Item