LESTARI SITIO, DOSMARIA PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PROFFESIONAL PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK KELAS XI SMA. JURNAL PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PROFFESIONAL PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK KELAS XI SMA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (13kB) |
Abstract
ABSTRAK Sitio, Dosmaria Lestari. 2019. Pengembangan Modul Elektronik menggunakan 3D Pageflip Proffesional pada Materi Alat-alat Optik Kelas XI SMA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M.Si., (II) Haerul Pathoni, S.Pd., M.PFis., Kata kunci : Modul elektronik, Alat-alat Optik, 3D Pageflip Proffesional. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan dengan menyebarkan angket kepada siswa yang telah mempelajari materi alat-alat optik dan didapatkan 67,75 % siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi alat-alat optik dikarenakan guru kurang memanfaatkan media dalam pembelajaran. Dengan kesenjangan ini maka dikembangkan modul elektronik pada materi alat-alat optik untuk menutupi kesenjangan yang ada. Modul elektronik dibuat menggunakan aplikasi 3D Pageflip Professional yang ditautkan dengan gambar, video, animasi, dan simulasi didalamnya sehingga informasi yang diperoleh lebih banyak dan dapat menghemat penggunaan kertas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik pada materi alat-alat optik mata pelajaran Fisika kelas XI serta untuk mengetahui persepsi siswa terhadap modul yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian ahli materi, lembar penilaian ahli media, dan angket persepsi siswa. Hasil validasi materi dan ahli media menyatakan bahwa modul elektronik telah layak untuk diujicobakan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Muaro Jambi pada Maret 2019. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa kelas XII IPA 5 yang telah mempelajari materi alat-alat optik sebanyak 33 orang. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil analisis persepsi siswa pada aspek tampilan modul elektronik yaitu 82%, aspek penyajian materi yaitu 82%, aspek kebermanfaatan modul 83%. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa modul elektronik pada materi alat-alat optik termasuk dalam kategori baik dan layak digunakan. Keunggulan dari modul elektronik yang telah dikembangkan adalah mudah dalam pengoperasiannya, tampilan yang menarik dan bahasa yang digunakan mudah dipahami. Kelemahan dalam modul elektronik ini yaitu tidak menampilkan animasi dan simulasi dalam materi pembelajaran dalam modul elektronik.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Depositing User: | DOSMARIA LESTARI SITIO |
Date Deposited: | 21 Nov 2019 02:44 |
Last Modified: | 21 Nov 2019 02:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |