PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI

ARIYANSYAH, MUHAMMAD (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (125kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (329kB)

Abstract

ABSTRAK Ariyansyah, Muhammad. 2019. Pengaruh Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar PPKN Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 30 Muaro Jambi: Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Drs. H. Akmal Sutja, M.Pd. (II) Heri Usmanto, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaraan Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, salah satu masalah yang terkait dengan proses pembelajaran PPKn di SMPN 30 Muaro Jambi yaitu guru lebih sering menggunakan metode konvensional, sehingga peserta didik tampak kurang menarik dengan apa yang disampaikan oleh guru, guru hanya berfokus pada siswa yang bisa menjawab saja. Akibatnya rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan upaya pengembangan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn siswa kelas VIII di SMPN 30 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode Quasi Eksperimen, yaitu Nonequivalent Control Group Design yang dilakukan kepada dua kelas sampel yang diberikan perlakuan berbeda Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas dan berjumlah 74, sampel diambil 2 kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi (79,80) dari pada kelas kontrol (66,80) dan pada uji-t diperoleh thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 4,4360> 1,6772. Dengan demikian model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn siswa kelas VIII di SMPN 30 Muaro Jambi. Kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn siswa kelas VIII di SMPN 30 Muaro Jambi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan disarankan kiranya untuk diteliti pada pokok bahasan yang lain dan dalam ruang lingkup yang lebih luas. v

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MUHAMMAD ARIYANSYAH
Date Deposited: 28 Nov 2019 07:51
Last Modified: 28 Nov 2019 07:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9701

Actions (login required)

View Item View Item