RAHAYU, IIN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PPKN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATU ATAP DESA BARU. JURNAL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PPKN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATU ATAP DESA BARU.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Rahayu, Iin. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PPKN Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Desa Baru. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Irzal Anderson, M.Si (2) Dona Sariani, M.Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Motivasi Belajar Hasil observasi awal menunjukkan beberapa masalah pada proses pembelajaran yaitu rendahnya motivasi belajar siswa, selain itu ditemukan fakta bahwa guru cenderung menggunakan model ceramah satu arah sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik dan membosankan. Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Desa Baru dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Type Make A Match. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus. Konsep penelitian ini terdiri dari empat komponen yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Satu Atap Desa Baru. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas VIII. Teknik data yang diambil adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan model pembelajaran kooperatif Type Make A Match pada mata pelajaran PPKn mengalami peningkatan motivasi belajarnya. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah 90 % dari rentang persentase 150%. Keberhasilan ini dapat dibuktikan pada siklus I sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif Type Make A Match motivasi siswa hanya berada pada rentang 60,6 % dalam kategori rendah, setelah menerapak model tersebut pada akhir siklus I persentase motivasi siswa meningkat menjadi 69,3 % masuk dalam kategori cukup. Pada siklus ke II persentase motivasi siswa meningkat lagi menjadi 80,7% dalam kategori cukup, dan pada siklus ke III motivasi siswa naik secara signifikan dari siklus II yaitu mencapai 95,3% dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Type Make A Match di SMP Negeri Satu Atap Desa Baru.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | IIN RAHAYU |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 03:45 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 03:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9712 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |