APRIYANI SIMAMORA, RESKY PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI PREZI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP UNTUK KELAS X SMA KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI PREZI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP UNTUK KELAS X SMA KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (28kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (365kB) |
Abstract
ABSTRAK Simamora, Resky Apriyani. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Prezi Berbasis Kontekstual Pada Materi Lingkungan Hidup Kelas X SMA Kota Jambi: Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr.Dra. Evita Anggereini, M.Si., (II) Retni S. Budiarti, S.Pd, M.Si. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Prezi, Kontekstual, Lingkungan Hidup. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif prezi berbasis kontekstual, untuk mengetahui respon guru, serta mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif prezi berbasis kontekstual pada materi lingkungan hidup.Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu: (1) Analisis (analyze); (2) perancangan (design); (3) pengembangan (develop); (4) Penerapan (implementation); dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 8 Kota Jambi. Ujicoba dilaksanakan di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Ujicoba ini dilakukan dengan menyebarkan angket respon guru sebanyak 1 orang guru bologi kelas X, angket respon siswa kelompok kecil melibatkan 6 orang siswa dan kelompok besar melibatkan 33 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian validasi ahli media terhadap media pembelajaraninteraktif prezi berbasis kontekstual diperoleh persentase 88,3% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli materi terhadap media pembelajaran interaktif prezi berbasis kontekstual diperoleh persentase 88,3% dengan kategori “sangat layak”. Dengan demikian media pembelajaran prezi berbasis kontekstual sudah dinyatakan layak untuk diujicoba di sekolah. Hasil ujicoba respon guru biologi di SMA Negeri 8 kota jambi terhadap media pembelajaran interaktif prezi berbasis kontekstual diperoleh persentase 93,3% dengan kategori “sangat baik”.Hasil ujicoba respon siswa kelompok kecil terhadap media pembelajaran interaktif prezi berbasis kontekstual diperoleh persentase 89,2,% dengan kategori “sangat baik” dan hasil ujicoba respon siswa kelompok besar terhadap media pembelajaran interaktif prezi berbasis kontekstual diperoleh persentase 83,73% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penilaian ahli media dan ahli materi, respon guru dan siswa, maka disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif prezi berbasis kontekstual sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kekurangan pada produk ini adalah media pembelajaran prezi ini hanya menggunakan teknologi ZUI, sehingga media terlihat mononton dan kurang fleksibel pada saat media digunakan, penggunaan template yang terbatas, sehingga media dikerjakan hanya di dalam satu template, durasi video di dalam media hanya 5 menit, jika lebih media beroperasi secara tidak maksimal. Kekurangan tersebut dapat diperbaiki pada penelitian pengembangan selanjutnya yang relevan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QR Microbiology |
Depositing User: | RESKY APRIYANI SIMAMORA |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 03:48 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 03:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9714 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |