Febrinatasia, Wulandari Pengembangan Media Pembelajaran Maze Game berbasis Power Point untuk Mata Kuliah English for Biology. JURNAL Pengembangan Media Pembelajaran Maze Game berbasis Power Point untuk Mata Kuliah English for Biology.
Text
cover.pdf Download (656kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (164kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (208kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (254kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (179kB) |
Abstract
ABSTRAK Febrinatasia, Wulandari. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Maze Game berbasis Power Point untuk Mata Kuliah English for Biology: Skripsi, Jurusan PMIPA, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Ir. Bambang Hariyadi, M.Si., Ph.D. (2) Yanto, S.Pd., M.Ed. Key Words: Media, pembelajaran, Maze Game, Power Point Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Maze Game dengan menggunakan Microsoft Power Point 2010 sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris khususnya grammar. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Prodi Pendidikan Biologi Universitas Jambi pada bulan September. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri atas 5 tahapan. Tahap pertama adalah analisis (analysis), peneliti menganalisis kebutuhan, karakteristik mahasiswa dan materi pembelajaran. Tahap kedua adalah desain (design), peneliti menentukan konsep, teknik, dan tampilan produk Maze Game yang dikembangkan. Tahap ketiga adalah pengembangan (development), peneliti menentukan seluruh bagian dari produk Maze Game. Tahap keempat adalah implementasi (implementation), peneliti mengimplementasikan produk Maze Game kepada mahasiswa Pendidikan Biologi Univeristas Jambi dan dosen mata kuliah English for Biology.Tahap kelima adalah evaluasi (evaluation), peneliti melakukan evaluasi formatif dan perbaikan jika diperlukan. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebar angket kepada mahasiswa dan dosen. Selanjutnya ujicoba produk dilakukan pada 6 orang mahasiswa kelompok kecil, 20 orang mahasiswa kelompok besar, dan 1 orang dosen mata kuliah English for Biology , sebelumnya dilakukan validasi media oleh ahli materi dan ahli media. Hasil persentase validasi oleh ahli materi yaitu 90,3% dengan kategori “sangat baik”, sedangkan persentase hasil validasi oleh ahli media yaitu 93% dengan kategori “sangat baik”. Pada ujicoba kelompok kelompok kecil memperoleh tanggapan 93%, dengan kategori “sangat baik”, sedangkan pada ujicoba kelompok besar memperoleh tanggapan 91,5% dengan kategori “sangat baik”. Persepsi dosen mata kuliah English for Biology memperoleh tanggapan 92,5% dengan kategori “sangat baik”. Media pembelajaran Maze Game berbasis Power Point untuk mata kuliah English for Biology yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat membantu dosen dalam menyampaikan materi. Media pembelajaran Maze Game berbasis Power Point untuk mata kuliah English for Biology juga dapat membantu mahasiswa memahami materi secara mandiri.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QR Microbiology |
Depositing User: | WULANDARI FEBRINATASIA |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 02:45 |
Last Modified: | 05 Dec 2019 02:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9719 |
Actions (login required)
View Item |