Pengembangan Media Pembelajaran Biology Words untuk Mata Kuliah English for Biology

Muslim, Hendra Pengembangan Media Pembelajaran Biology Words untuk Mata Kuliah English for Biology. JURNAL Pengembangan Media Pembelajaran Biology Words untuk Mata Kuliah English for Biology.

[img] Text
Cover.pdf

Download (774kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (181kB)

Abstract

ABSTRAK Muslim, Hendra. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Biology Words untuk Mata Kuliah English for Biology: Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Ir. Bambang Hariyadi, M.Si., Ph.D., (II) Yanto, S.Pd., M.Ed. Kata kunci: Biology Words, English for Biology, kosakata, media Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Biology Words untuk mata kuliah English for Biology, mengetahui kelayakan produk yang dihasilkan, dan mengetahui respon dosen mata kuliah English for Biology serta tanggapan mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi angkatan 2017 terhadap produk yang dihasilkan. Penelitian dilakukan di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi pada September 2019. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE. Sebelum dilakukan ujicoba, produk divalidasi oleh tim ahli yang terdiri dari validator materi Bahasa Inggris, validator mater biologi dan validator media. Ujicoba produk dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada 2 orang dosen, angket ujicoba kelompok kecil yang melibatkan 8 orang mahasiswa dan angket ujicoba kelompok besar yang melibatkan 18 orang mahasiswa. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Biology Words yang dihasilkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran oleh mahasiswa pada mata kuliah English for Biology. Berdasarkan penilaian ahli, skor yang diperoleh pada tahap validasi materi Bahasa Inggris dan materi biologi adalah 34 atau 85% dengan kategori “sangat baik” dan 39 atau 97,5% dengan kategori “sangat baik” sedangkan pada tahap validasi media diperoleh skor 40 atau 90,90% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan penilaian dosen yang melibatkan 2 orang dosen mata kuliah English for Biology, diperoleh skor 70 dengan persentase 97,22% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Pada ujicoba kelompok kecil dengan melibatkan 8 orang mahasiswa diperoleh skor 280 dengan persentase 87,50% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Pada kelompok besar dengan melibatkan 18 orang mahasiswa diperoleh skor 1.075 dengan persentase 87,83% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Dari hasil penelitian disarankan agar media yang dihasilkan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk membantu dosen dalam menyampaikan materi terkait penguasaan kosakata dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Selain itu, diharapkan media yang dihasilkan dapat dikembangkan lebih lanjut dengan materi yang lebih spesifik serta dilakukannya pengujian terhadap penguasaan kosakata mahasiswa oleh peneliti selanjutnya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: HENDRA MUSLIM
Date Deposited: 05 Dec 2019 02:45
Last Modified: 05 Dec 2019 02:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9720

Actions (login required)

View Item View Item