MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK MELALUI PERMAINAN PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI 1 KOTA JAMBI

AFTIKA DEWI, RESHA MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK MELALUI PERMAINAN PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI 1 KOTA JAMBI. JURNAL MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK MELALUI PERMAINAN PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI 1 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (425kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (331kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (192kB)

Abstract

ABSTRAK Dewi, Resha aftika, 2019 “Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Melaluui Permainan Puzzle Di TK Pertiwi 1 Kota Jambi”, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas jambi. Pembimbing (1) dra. Kasmiati, M.Pd. (2) Jelpa Periantalo, S.Psi., M.Psi., Psi Kata Kunci: Kecerdasan Visual Spasial, Permainan Puzzle Penelitian ini berlatar belakang yaitu kecerdasan visual spasial anak usia 5- tahun di TK Pertiwi 1 Kota Jambi masih belum berkembang dengan optimal dikarenakan anak masih belum bisa dalam mengenal 12 warna, mengenal bentuk segi yang lebih rumit, misalnya segi tujuh sampai segi sepuluh, mengerti semua konsep arah, konsep jumlah dan konsep ukuran. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun sebelum dan setelah adanya tindakan permainan puzzle dan untuk mengetahui permainan puzzle dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun. Manfaat penelitian adalah memperbaiki kegiatan pembelajaran anak, meningkatkan kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan langkah-langkah pada penelitian tindakan kelas ini yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, mengpbservasi, dan melakukan refleksi terhadap pertemuan. Data deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi angket, dan dokumentasi. Penelitian ini dalam pengolahan data berkolaborasi dengan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang telah disediakan setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun melalui permainan puzzle di TK Pertiwi 1 Kota Jambi, yaitu dari pratindakan 25,115, siklus I pertemuan ke-1 dengan anak dapat mengikuti setiap permainan puzzle 25,345. Siklus I pertemuan ke-2 anak sudah dapat terlihat meningkat sedikit demi sedikit mulai berkembang 29. Siklus I pertemuan ke-3 37,46, dan siklus I Pertemuan ke-4 anak mulai berkembang sedikit demi sedikit 44,61. Siklus ke II pertemuan ke-1 anak mengalami peningkatan kembali walaupun hasilnya belum maksimal tapi anak sudah mulai berkembang kecerdasan visual spasialnya 50,42. Kemudian siklus II pertemuan ke-2 61,45 berkembang sesuai harapan. Siklus II pertemuan ke-3 anak mengalami peningkatan kembali 71, 69 berkembang sesuai harapan. Siklus ke II Pertemuan ke-4 anak sudah meningkat kecerdasan visual spasialnya dapat dilihat dari hasil 83,19. Berdasakan hasil penelitian ini kesimpulan yang diambil adalah kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun melalui permainan puzzle meningkat. Hasil rata-rata anak mengalami kenaikan pada siklus kedua dengan cara memberikan hadiah pada anak yang bisa mengenal 12 warna, dapat bermain puzzle 2 dimensi atau puzzle 3 dimensi hingga 20 keping, mengenal konsep arah, konsep jumlah dan juga konsep ukuran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RESHA AFTIKA DEWI
Date Deposited: 10 Dec 2019 02:13
Last Modified: 10 Dec 2019 02:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9725

Actions (login required)

View Item View Item