OLIVIA, REVI MENINGKATKAN KETERAMPILAN DALAM KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK MELALUI BERMAIN POLA DI TK PERTIWI 1 KOTA JAMBI. JURNAL MENINGKATKAN KETERAMPILAN DALAM KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK MELALUI BERMAIN POLA DI TK PERTIWI 1 KOTA JAMBI.
Text
COVER.docx Download (29kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (87kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (14kB) |
Abstract
ABSTRAK Olivia, Revi, 2019 “Meningkatkan Keterampilan Dalam Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Bermain Pola di TK Pertiwi 1 Kota Jambi” , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dra. Kasmiati, M.Pd. (2) Jelpa Periantalo, S.Psi., M.Psi.,Psi. Kata Kunci: Kecerdasan Logika Matematika, Bermain Pola Penelitian ini berlatar belakang yaitu kecerdasan logika matematika anak di TK Pertiwi 1 Kota Jambi masih belum berkembang dengan optimal dikarenakan anak masih belum bisa menghubungkan atau memasangkan suatu benda, dan mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut ukuran, bentuk, warna dan jenis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan logika matematika anak sebelum dan setelah adanya tindakan bermain pola dan untuk mengetahui bermain pola dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak. Manfaat penelitian ini adalah memperbaiki kegiatan pembelajaran anak, meningkatkan kecerdasan logika matematika anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan langkah langkah pada penelitian tindakan kelas ini yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, mengobservasi, dan melakukan refleksi terhadap pertemuan. Data deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi angket, dan dokumentasi. Penelitian ini dalam pengolahan data berkolaborasi dengan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang telah di sediakan setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan kecerdasan logika matematika anak melalui bermain pola di TK Pertiwi 1 Kota Jambi yaitu dari pratindakan 25, siklus I Pertemuan 1 anak dapat mengikuti setiap bermain pola 25. Siklus 1 Pertemuan ke-2 anak sudah dapat terlihat meningkat sedikit demi sedikit mulai berkembang 28,325. Siklus 1 pertemuan ke-3 35,75, dan siklus 1 Pertemuan ke-4 anak mulai berkembang sedikit demi sedikit 49,7. Siklus II Pertemuan ke-1 anak mengalami peningkatan kembali walaupun hasilnya belum maksimal tapi anak sudah mulai berkembang kecerdasan logika matematika nya 59,5. Kemudian siklus II Pertemuan ke-2 66,7 berkembang sesuai harapan. Siklus II Pertemuan ke-3 anak mengalami peningkatan kembali 75,3 berkembang sesuai harapan. Siklus II Pertemuan k3-4 anak sudah meningkatkan kecerdasan logika matematika nya dapat dilihat dari hasil 85,08. Berdasarkan hasil penelitian ini kesimpulan yang di ambil adalah kecerdasan logika matematika anak melalui bermain pola meningkat. Hasil rata rata anak mengalami kenaikan pada siklus kedua dengan cara memberikan hadiah pada anak yang bisa mengembangkan kemampuan membilang menyebutkan angka 1-10, menghubungkan atau memasangkan suatu benda, mengelompokkan benda sesuai jenis, ukuran, jenis dan warna.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | REVI OLIVIA |
Date Deposited: | 10 Dec 2019 02:13 |
Last Modified: | 10 Dec 2019 02:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9726 |
Actions (login required)
View Item |