MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE TARI KREATIF DI TK ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

WULANDARI, RACHMAYATUN MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE TARI KREATIF DI TK ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. JURNAL MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE TARI KREATIF DI TK ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (46kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)

Abstract

ABSTRAK Wulandari, Rachmayatun, 2019 “ Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Tari Kreatif Di TK Islam Al-Falah Kota Jambi “Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dra. Kasmiati, M.Pd, (2) Dra. Destrinelli, M.Pd. Kata Kunci : Rasa Percaya Diri, Metode Tari Kreatif Penelitian ini berlatar belakangi yaitu bahwa rasa percaya diri anak di kelas B1 di TK Islam Al-Falah Kota Jambi masih belum berkembang secara optimal, dikarenakan anak terlihat masih kurang percaya diri, malu-malu, bergantung pada bantuan guru maupun peneliti saat anak diberi kesempatan melakukan tari kreatif. Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui tingkat capaian rasa percaya diri sebelum dan setelah diberikan tindakan melalui metode tari kreatif, manfaat dari penelitian ini ialah untuk dapat meningkatkan rasa percaya diri anak usia 5-6 tahun melalui metode tari kreatif. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas ( PTK ), dengan memiliki langkah-langkah pada penelitian tindakan kelas ini yang meliputi penyusunan rencana peaksanaan pembelajaran harian ( RPPH ), pelaksanaan tindakan, mengobservasi/mengamati, dan juga melakukan refleksi pada setiap pertemuannya. Data yang digunakan adalah jenis data deskriptif kuantitatif. Teknis analisis data penelitian ini bekerja sama dengan guru kelas untuk dapat mengisi lembar observasi yang telah di sediakan untuk setiap pertemuannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya metode tari kreatif mampu dapat meningkatkan rasa prtcaya diri anak hasil pratindakan dengan presesntase 25,4 , siklus I pertemuan ke I berubah menjadi sebesar 29,525 pada saat melakukan tari kreatif terlihat anak belum berkembang, pemberian siklus I pertemuan ke II anak belum berkembang dengan presentase 34,745, aiklus I pertemuan ke III sebesar 36,855, dan siklus I pertemuan ke IV perkembangan anak mulai sedikit meningkat yaitu sebesar 43,295 walaupun belum mencapai kriteria ketuntasan yang diinginkan. Setelah melaksanakan siklus I namun terlihat belum berkembang maka peneliti dan juga guru merencanakan pemberian siklus ke II pada anak , pada siklus II pertemuan ke I anak mengalami peningkatan kembali walaupun hasilnya masih belum maksiman dengan presentase sebesar 48,205, kemudian siklus II pertemuan ke II berubah menjadi 61,12, selanjutnya pada siklus II pertemuan ke III anak mengalami sebuah peningkatan dengan jumlah presentase 77,455 anak mulai berkembang dengan baik akan tetapi masih belum mencapai sevuah kriteria ketuntasan kemudian peneliti melanjutkan pada siklus ke II pertemuan Ke IV rasa percaya diri anak sangat berkembang dengan optimal terlihat dengan jumlah presentase yang sebesar 85,955. Berdasarkan Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pemberian metode tari kreatif dapat meningkatkan rasa percaya diri anak usia 5-6 tahun pada anak kelas B1 di TK Islam Al-Falah Kota Jambi

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RACHMAYATUN WULANDARI
Date Deposited: 10 Dec 2019 02:14
Last Modified: 10 Dec 2019 02:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9729

Actions (login required)

View Item View Item