PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 12 KOTA JAMBI

Hastuti, Sri PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 12 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 12 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (89kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (38kB)

Abstract

ABSTRAK Hastuti Sri 2019. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Di Sma Negeri 12 Kota Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, BA. M.Si, Pembimbing II Ahmad Nasori S.Pd, M.Pd Kata kunci: Lingkungan Sekolah, Teman Sebaya, Hasil Belajar Siswa. Penelitian dalam skripsi ini laksanakan di SMA Negeri 12 Kota Jambi. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih banyaknya siswa yang mendapat nilai dibawah KKM, hal yang diduga mempengaruhi hasil belajar tersebut adalah lingkungan belajar yang kurang kondusif dan teman sebaya yang memberi dampak buruk terhadap siswa yang lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh lingkungan belajar dan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 12 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian kuantitatif yaitu data yang dikumpul dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Variabel bebas (independent variabel) yaitu lingkungan sekolah (X₁), teman sebaya(X₂), dan variabel terikat (dependent variabel) yaitu hasil belajar (Y). populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitan, dilihat dari variabel lingkungan sekolah (X₁) memiliki thitung sebesar 11,999. Kemudian untuk ttabel menggunakan df=n-2 dengan n adalah jumlah sampel, sehingga hasilnya yaitu 104 – 2 = 102, sehingga ttabel = 2,275. Jadi diperoleh bahwa thitung > ttabel (11,999 > 2,275). dilihat dari variabel teman sebaya (X₂) memiliki thitung sebesar 10,353. Kemudian untuk ttabel menggunakan df=n-2 dengan n adalah jumlah sampel, sehingga hasilnya yaitu 104 – 2 = 102, sehingga ttabel = 2,275. Jadi diperoleh bahwa thitung > ttabel (10,353 > 2,275). Terlihat tingkat signifikan dibawah 0,05 yaitu 0,006 berdasarkan cara pengambilan uji simultan bahwa variabel lingkungan sekolah (X₁) dan teman sebaya (X₂) jika diuji bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (Y). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan sekolah dan kelompok teman sebaya di SMA Negeri 12 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Hastuti
Date Deposited: 10 Dec 2019 03:42
Last Modified: 10 Dec 2019 03:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9794

Actions (login required)

View Item View Item