RAFITASARI, RENI (2019) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2018/2019. JURNAL PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2018/2019.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (97kB) |
|
![]()
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (413kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (22kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.docx Download (26kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.docx Download (18kB) |
Abstract
ABSTRAK Rafitasari, Reni. 2019. Problematika Menulis Berita Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 14 Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Drs. Albertus Sinaga, M. Pd., (II) Drs. Agus Setyonegoro, M. Pd Kata kunci: problematika, menulis berita Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) problematika pelaksanaan pembelajaran menulis berita, dan (2) faktor penyebab munculnya problematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dialkukan di SMPN Negeri 14 Kota Jambi pada bulan Maret 2019. Instrumen penelitian ini berupa wawancara, angket dan observasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya problematik siswa ditinjau dari kemampuan menulis berita, dan problematik siswa ditinjau dari faktor internal yang mempengaruhi proses belajar. Problematik siswa ditinjau dari kemampuan menulis berita adalah dari langkah-langkah menulis berita pada bagian mengembangkan ide dan memaikan kata-kata. Sedangkan faktor penyebab munculnya problematika siswa adalah: (1) siswa kurang termotivasi mengikuti pembelajaran, (2) siswa kurang tertarik dengan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan atau sedang dilakukan tersebut, (3) siswa kurang memahami materi tentang menulis berita, (4) siswa tidak dibantu dengan media pembelajaran, (5) siswa sulit menentukan judul berita dan membuat awalan berita, (6) siswa merasa belum mendapatkan apresiasi dari apa yang dikerjakan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya problematika menulis berita, yaitu diantaranya (1) problematika yang ditinjau dari kemampuan siswa dan (2) faktor penyebab terjadinya problematika menulis berita. Disarankan kepada guru untuk menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi untuk menarik minat siswa dalam belajar khususnya dalam pembelajaran menulis berita. Kepada siswa disarankan agar lebih kiat lagi dalam membaca apapun itu agar menambah wawasan karna dengan membaca siswa juga dapat menguasai kosa kata yang lebih luas. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran peneliti adalah guru dapat menggunakan media atau metode pembelajaran yang menarik yang bisa untuk meningkatkan motivasi pembelajran terkhusus dalam pembelajaran menulis berita.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RENI RAFITASARI |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 03:32 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 03:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9820 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |