PENGEMBANGAN e-KOMIK MATERI SIFAT-SIFAT KOLOID UNTUK SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI

HASANAH, ISMI and Muhaimin, Muhaimin and Syahri, Wilda (2019) PENGEMBANGAN e-KOMIK MATERI SIFAT-SIFAT KOLOID UNTUK SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI. Pengembangan.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
5. HAL PENGESAHAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-Komik pada materi sifat-sifat koloid yang dinilai layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model desain pembelajaran Hanaffin and Peck. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner analisis kebutuhan, penilaian guru, respon siswa lembar wawancara, lembar validasi ahli materi dan ahli media. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya dinilai oleh guru sebelum diujicobakan kepada siswa. Uji coba kepada siswa dalam bentuk kelompok kecil berjumlah sepuluh orang untuk melihat respon siswa. Hasil penelitian diperoleh kelayakan e-Komik menurut ahli materi 92% (sangat layak) dan menurut ahli media 93.33%. Untuk hasil penilaian guru adalah 88% (sangat baik) dan respon siswa 89,33% (sangat baik). Berdasarkan hasil pengembangan, disimpulkan bahwa kriteria media pembelajaran e-Komik pada materi sifat-sifat koloid sangat layak dan mendapat respon positif dari siswa. Media e-Komik ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran pendukung pada materi sifat-sifat koloid. Kata Kunci : Pengembangan, e-Komik, Sifat-sifat Koloid. ABSTRACT.This study aims to develop e-Comic learning media on colloidal properties material which is considered appropriate to be used support the learning process. This research is a development research that uses Hanaffin and Peck learning design models. The research instrument used was a needs analysis questionnaire, teacher assessment, student response interview sheets, validation sheet material experts and media experts. The product developed was validated by material experts and media experts. Furthermore, assessed by the teacher before being tested on students. Trials to students in the form of small groups of ten people to see student responses. The results obtained by the feasibility of e-Comic according to material experts 92% (very feasible) and according to media experts 93.33%. For teacher assessment results are 88% (very good) and student responses 89.33% (very good). Based on the results of the development, it was concluded that the criteria for e-Comic learning media on the colloidal properties material were very feasible and received positive responses from students. This e-Comic can be used as supporting learning media on colloidal properties. Keywords : Development, e-Comic, Colloidal Properties.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ISMI HASANAH
Date Deposited: 16 Dec 2019 02:20
Last Modified: 16 Dec 2019 02:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9876

Actions (login required)

View Item View Item