PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN APACHE CORDOVA PADA MATERI BRYOPHYTA UNTUK SISWA SMA KELAS X

SIMAMORA, ELFRIDA (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN APACHE CORDOVA PADA MATERI BRYOPHYTA UNTUK SISWA SMA KELAS X. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN APACHE CORDOVA PADA MATERI BRYOPHYTA UNTUK SISWA SMA KELAS X.

[img] Text
2 HALAMAN JUDUL.docx

Download (48kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (260kB)

Abstract

ABSTRAK Simamora, Elfrida. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Android dengan Menggunakan Apache Cordova pada Materi Bryophyta Untuk Siswa SMA Kelas X: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Dra. Upik Yelianti, M.S. (2) M. Erick Sanjaya, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi Android, Apache Cordova. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android menggunakan Apache Cordova pada materi Byophyta untuk siswa SMA, untuk mengetahui kelayakan produk serta respon guru maupun siswa terhadap media pembelajaran berbasis android menggunakan Apache Cordova. Penelitian ini menggunakan model pendekatan Reseach and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terbatas sampai tahap development. Tahapan yang dilakukan yaitu: Analysis, Design, dan Development. Jenis data yang digunakan pada penelitian adalah jenis data kualitatif dan data kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X IPA SMAN 8 Kota Jambi yang terdiri dari kelompok kecil berjumlah 6 orang dan kelompok besar berjumlah 30 orang, serta 2 orang guru mata pelajaran biologi dengan menggunakan angket untuk melihat skor penilaian dari responden. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor penilaian akhir 49 dengan persentase 81,6% dengan kategori “Sangat Layak”. Validasi oleh ahli materi diperoleh skor penilaian akhir 47 dengan persentase 78,3% dengan kategori “Layak”. Respon terhadap media pembelajaran aplikasi android dari guru mata pelajaran biologi diperoleh skor 38 dengan persentase 95% dengan kategori “Sangat Baik”. Ujicoba kelompok kecil diperoleh skor 237 dengan persentase 82,2% termasuk kategori “Sangat Baik”. Ujicoba kelompok besar diperoleh skor 1266 dengan persentase 87,9% dengan kategori “Sangat Baik”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kebutuhan belajar siswa sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran biologi berbasis android menggunakan Apache Cordova pada materi Bryophyta yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber belajar dan bahan ajar yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi. Media pembelajaran dalam bentuk aplikasi android ini juga membantu siswa untuk dapat memahami materi secara dan mandiri.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: Elfrida Simamora
Date Deposited: 16 Dec 2019 04:22
Last Modified: 16 Dec 2019 04:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9877

Actions (login required)

View Item View Item