PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA

Sigalingging, Rointan (2019) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (30kB)
[img] Text
4. halaman pengesahan dekan.pdf

Download (537kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI benar.pdf

Download (88kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK Sigalingging, R. 2019. Pengembangan Modul Berbasis Pendidikan Karakter dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) pada Materi Ekosistem Di Kelas X SMA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr.Dra.Evita Anggereini, M.Si. (II) Mia Aina, S.Pd.,M.Pd Kata kunci: Modul, Pendidikan Karakter, Kontekstual, Ekosistem Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan produk berupa Modul Berbasis Pendidikan Karakter melalui Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), mengetahui kelayakan modul serta respon dan tanggapan peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengikuti model ADDIE yang teridiri dari 5 tahap pengembangan yaitu: (1) Analisis (analyze); (2) perancangan (design); (3) pengembangan (develop); (4) penerapan (implementation); (5) evaluasi (evaluation). Subjek ujicoba pada penelitian ini diambil dari peserta didik SMAN 11 MUARO JAMBI yang telah mempelajari materi ekosistem. Ujicoba lapangan dilakukan dengan menyebarkan angket respon guru yang melibatkan 1 orang guru biologi dan angket respon peserta didik pada kelompok kecil melibatkan 8 orang peserta didik dan kelompok besar melibatkan 20 orang dan kelompok besar. Hasil validasi oleh ahli materi sebanyak 3 kali diperoleh persentase akhir 83,7% dengan kategori (sangat baik) dan validasi oleh ahli media satu kali diperoleh persentase akkhir 93.7% dengan kategori (sangat baik). Hasil ujicoba kelompok kecil dengan persentase 83.7% dengan kategori (sangat baik) dan ujicoba kelompok besar dengan persentase 85.6% dengan kategori (sangat baik). Hasil ujicoba kepada guru mata pelajaran bologi yaitu 100% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa produk modul berbasis pendidikan karakter melalui strategi pembelajaran kontekstual layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran peserta didik serta dapat digunakan bahan ajar mandiri.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: ROINTAN SIGALINGGING
Date Deposited: 17 Dec 2019 02:14
Last Modified: 17 Dec 2019 02:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9892

Actions (login required)

View Item View Item