PENGEMBANGAN EDU KOMIK DIGITAL BIOLOGI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS X SMA

Pertiwi, Chintia (2019) PENGEMBANGAN EDU KOMIK DIGITAL BIOLOGI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS X SMA. PENGEMBANGAN EDU KOMIK DIGITAL BIOLOGI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS X SMA. (Unpublished)

[img] Text
1_Cover-dikonversi[1].pdf

Download (34kB)
[img] Text
8_DAFTAR_ISI-dikonversi[1].pdf

Download (53kB)
[img] Text
lembar_pengesahan_dekan[1].pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB_1-dikonversi[1].pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB_V-dikonversi[1].pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTRAK Pertiwi, Chintia. 2019. Pengembangan Edu Komik Digital Biologi Pada Materi Pencemaran Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X SMA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Evita Anggreini, M.Si. (II) M. Erick Sanjaya, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Edu komik digital, pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran edu komik digital pada materi pencemaran lingkungan untuk siswa SMA, untuk mengetahui kelayakan produk serta respon guru maupun siswa terhadap media pembelajaran edu komik digital. Penelitian ini menggunakan model pendekatan Reseach and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan diantaranya: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Jenis data yang digunakan pada penelitian adalah jenis data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator dan responden dan data kuantitatif berupa hasil jumlah skor yang didapatkan dari validator dan responden. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIPA SMAN 11 Kota Jambi yang terdiri dari kelompok kecil berjumlah 6 orang dan kelompok besar berjumlah 25 orang, serta 1 orang guru mata pelajaran biologi dengan menggunakan angket untuk melihat skor penilaian dari responden. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor penilaian akhir 58 dengan persentase 96,6% dengan kategori “Sangat Baik”. Validasi oleh ahli materi diperoleh skor penilaian akhir 47 dengan persentase 78,3% dengan kategori “Baik”. Persepsi terhadap media pembelajaran edu komik digital dari guru mata pelajaran biologi diperoleh skor 39 dengan persentase 97,5% dengan kategori “Sangat Baik”. Ujicoba kelompok kecil diperoleh skor 213 dengan persentase 88,7% termasuk kategori “Sangat Baik”. Ujicoba kelompok besar diperoleh skor 925 dengan persentase 92,5% dengan kategori “Sangat Baik”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kebutuhan belajar siswa sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran edu komik digital biologi pada materi pencemaran lingkungan yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber belajar dan bahan ajar yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi. Media pembelajaran ini juga membantu siswa untuk dapat memahami materi secara mandiri.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: chintia pertiwi
Date Deposited: 18 Dec 2019 00:53
Last Modified: 18 Dec 2019 00:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9926

Actions (login required)

View Item View Item