PENGEMBANGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS X SMA

SEPTIA NUGRAHA, YOGA (2019) PENGEMBANGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS X SMA. JURNAL PENGEMBANGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS X SMA.

[img] Text
COVER.docx

Download (164kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (315kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (291kB)

Abstract

ABSTRAK Nugraha, S, Yoga. 2019. Pengembangan E-learning Menggunakan Moodle dalam Pembelajaran Biologi pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas X SMA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Penngetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi: Pembimbing (1) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si. (2) Dr. Upik Yelianti, MS. Kata Kunci : E-learning, Moodle, Pencemaran Lingkungan Pencemaran lingkungan merupakan salah satu materi yang terdapat dalam mata pelajaran Biologi. Materi ini memuat isi dan konten yang cukup banyak untuk disampaikan oleh guru kepada siswa sehingga membuat kegiatan pembelajaran menjadi kurang efektif. Terkadang materi tersebut tidak tersampaikan sepenuhnya karena terletak diakhir semester dan waktunya terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-learning menggunakan MOODLE (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) pada materi pencemaran lingkungan, mengetahui kelayakan media e-learning dan untuk mengetahui respon guru serta siswa terhadap pengembangan e-learning menggunakan moodle. Penelitian ini dilakukan di SMA PGRI 2 Kota Jambi dan SMA N 11 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor penilaian validator, respon guru dan respon siswa serta data kualitatif diperoleh dari tanggapan, saran atau masukan dari validator. Produk yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh tim ahli selanjutnya diuji coba pada kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh persentase akhir yaitu 86,36% dengan kategori “Sangat Baik” dan hasil validasi ahli media memperoleh persentase akhir yaitu 87,50% dengan kategori “Sangat Baik. Persentase uji coba kelompok kecil kepada 6 orang siswa kelas XI IPA SMA PGRI 2 Kota Jambi yaitu 83,68% dengan kategori “Sangat Baik” dan persentase uji coba kelompok besar kepada 22 orang siswa kelas XI IPA yaitu 85,51% dengan kategori “Sangat Baik”. Uji coba juga dilakukan di SMA N 11 Kota Jambi, dimana persentase uji coba kelompok kecil kepada 6 orang siswa kelas XI IPA yaitu 87,15% dengan kategori “Sangat Baik” dan persentase uji coba kelompok besar kepada 35 orang siswa kelas XI IPA yaitu 82,32% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, baik di sekolah swasta ataupun negeri media e-learning menggunakan moodle pada materi pencemaran lingkungan untuk siswa kelas X SMA ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: YOGA SEPTIA NUGRAHA
Date Deposited: 18 Dec 2019 02:47
Last Modified: 18 Dec 2019 02:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9931

Actions (login required)

View Item View Item