ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMAN 7 KOTA JAMBI

ISMAIL, JUBAIDI (2019) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMAN 7 KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (238kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (290kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf

Download (7kB)

Abstract

ABSTRAK Ismail, Jubaidi.2019. Analisis Keterlaksanaan Model Discovery Learning dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMAN 7 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Harizon, M.Si., Pembimbing II M Haris Effendi, S.Pd.,M.Si.,Ph.D Kata kunci: Model Discovery Learning, Berpikir Kritis, Laju Reaksi Dalam kegiatan belajar mengajar dibutuhkan model pembelajaran yang mampu merangsang keaktifan dan kemampuan berpikir siswa. Salah satu kemampuan berpikir yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan berpikir kritis. Discovery learning adalah salah satu model pembelajaran yang dapat melatih dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model discovery learning dapat diterapkan pada materi laju reaksi untuk memberikan kemandirian pada siswa dalam menjawab permasalahan yang sudah dirumuskan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model discovery learning dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi kelas XI SMAN 7 Kota Jambi. Desain penelitian ini adalah mix method jenis deskriptif korelasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purporsive sampling dengan intrumen penelitian berupa lembar observasi, yang terdiri dari lembar observasi keterlaksanaan model discovery learning dan kemampuan berpikir kritis. Data yang dikumpulkan adalah data pelaksanaan model discovery learning kemampuan berpikir kritis siswa. Cara pengujian hipotesis dengan mencari korelasi antara keterlaksanaan model discovery learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan rumus korelasi produk momen yang selanjutnya dilihat signifikasinya. Uji lanjutan denga uji-t yang lebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil yang diperoleh, penerapan model discovery learning oleh guru dan siswa dalam kategori baik dengan rata-rata persentase setiap pertemuannya 64,28% dan 64,72% . Korelasi antara penerapan model discovery learning dan kemampuan berpikir kritis dikategorikan pada tingkat hubungan yang kuat berdasarkan rata-rata analisis korelasinya yaitu 0,964356131 dan setelah dilakukan uji-t, diperoleh nilai thitung sebesar 5,281996065. Hasil tersebut dibandingkan dengan ttabel yaitu 5,281996065 > 1,697 atau thitung > ttabel sehingga hipotesis penelitian (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara keterlaksanaan model discovery learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi di SMAN 7 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: JUBAIDI ISMAIL
Date Deposited: 18 Dec 2019 06:41
Last Modified: 18 Dec 2019 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9941

Actions (login required)

View Item View Item