DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TAHAPAN POLYA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENCE DAN FIELD INDEPENDENCE DI KELAS VIII SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI

Iwan Setiawan, M Asep (2019) DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TAHAPAN POLYA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENCE DAN FIELD INDEPENDENCE DI KELAS VIII SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI. DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TAHAPAN POLYA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENCE DAN FIELD INDEPENDENCE DI KELAS VIII SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (161kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (374kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecaan masalah matematis siswa berdasarkan tahapan polya dalam menyelesaikan soal matematika Dalam penelitian ini kemampuan pemecahan masalah matematis yang diukur berdasarkan tahapan penyelesaian soal yaitu berdasarkan tahapan polya. Adapun tahapan nya antara lain memahami masalah, membuat rencana untuk menyelesaikan masalah, melaksanakan penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali jawaban. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan pada SMP Negeri 22 Kota Jambi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 orang siswa yang diambil dari kelas VIII-E, yaitu 2 siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependence dan 2 siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independence. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan tahapan polya ditinjau dari gaya kognitif field dependence dan field independence. Hasil penelitian menunjukan bahwa Subjek FD-1, FD-2, FI-1 dan FI-2 sudah dapat mengerjakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang diberikan oleh peneliti. Hasil jawaban yang dikerjakan siswa sudah bernilai benar dan kedua subjek sudah mampu memecahkan masalah yang diberikan berdasarkan tahapan polya, hanya saja tahapan keempat polya yaitu tahapan memeriksa kembali keempat subjek terdapat beberapa perbedaan. Dilihat dari lembar jawaban keempat subjek, tahapan memeriksa kembali hanya dipenuhi oleh Subjek FD-1 dan FD-2, yang mana subjek ini merupakan subjek dengan gaya kognitif field dependence, sedangkan Subjek FI-1 dan FI-2 yang mana subjek ini merupakan subjek dengan gaya kognitif field independence belum memenuhi tahapan keempat polya yaitu tahapan memeriksa kembali

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M ASEP IWAN SETIAWAN
Date Deposited: 19 Dec 2019 01:24
Last Modified: 19 Dec 2019 01:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9955

Actions (login required)

View Item View Item