Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Software Lectora Inspire Pada Materi Laju Reaksi di Kelas XII SMK Negeri 1 Kota Jambi

NH, Icha Marissa (2019) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Software Lectora Inspire Pada Materi Laju Reaksi di Kelas XII SMK Negeri 1 Kota Jambi. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (241kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)

Abstract

ABSTRAK NH, Icha Marissa. 2019. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Software Lectora Inspire Pada Materi Laju Reaksi di Kelas XII SMK Negeri 1 Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof.Dr.rer.nat. Asrial, M.Si (II) Afrida, S.Si, M.Si Kata kunci : Multimedia Pembelajaran, Lectora Inspire, Laju Reaksi Media pembelajaran merupakan salah satu alat bantu guru agar proses belajar mengajar dikelas menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan adanya media pembelajaran ini, siswa dengan mudah mengulang kembali pelajaran yang belum dipahami baik disekolah maupun saat dirumah. Banyak sekali media pembelajarn berbasis TIK, dimana biasanya memakai software atau program aplikasi. Pada penelitian ini telah dikembangkan multimedia pembelajaran dengan menggunakan Lectora Inspire pada materi laju reaksi. Kelebihan multimedia pembelajaran ini lebih praktis dan menarik bagi peserta didik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk berupa multimedia pembelajaran dengan menggunakan Lectora Inspire materi laju resksi yang memenuhi standar kurikulum dan sesuai kebutuhan siswa kelas XII SMKN 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan (development), penerapan (implementasi), dan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli media dan materi selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk media pembelajaran yang dibuat menggunakan program Lectora Inspire. Produk tersebut divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dan dilakukan revisi produk berdasarkan saran-saran ahli serta dinyatakan layak diuji cobakan. Hasil respon siswa SMKN 1 Kota Jambi pada uji coba kelompok kecil yang dilakukan kepada 10 orang siswa di kelas XII , yaitu 84,80% (sangat baik). Berdasarkan proses pengembangan mulai dari validasi media maupun materi hingga hasil uji coba kelompok kecil, secara keseluruhan disimpulkan bahwa produk media pembelajaran ini sangat baik untuk digunakan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: ICHA MARISSA NH
Date Deposited: 19 Dec 2019 07:19
Last Modified: 19 Dec 2019 07:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9968

Actions (login required)

View Item View Item