PENGEMBANGAN INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELAUI MODEL VCT PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI

WATI SIAGIAN, MINI (2019) PENGEMBANGAN INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELAUI MODEL VCT PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELAUI MODEL VCT PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (89kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (90kB)

Abstract

ABSTRAK Mini Wati Siagian . 2019. “Pengembangan Internalisasi Nilai-nilai Karakter Siswa Melalui Model Value Clarfication Technique Pada Mata Pelajaran IPS di SMP N 5 Kota Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dra. Hj. May Maemunah, M. E, Pembimbing II Fachruddiansyah Muslim, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Pengembangan Internalisasi Nilai-nilai Karakter, Model Value Clarfication Technique Pada observasi awal disekolah SMP Negeri 5 Kota Jambi khususnya dikelas VIII-F ditemukan situasi kegiatan belajar mengajar IPS dikelas masih menggunakan metode pembelajaran ceramah , disini peran guru paling dominan dalam proses pembelajaran, serta buku konvensional masih menjadi sumber belajar primer. Tujuan penelitian ini untuk Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Model Value Clarification Technique Dalam Mata Pelajaran IPS Terpadu Dikelas VIII DI SMP N 5 Kota Jambi sudah dinyatakan valid oleh tim ahli. Mengetahui efektifitas dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Model Value Clarification Technique yang telah di dikembangkan setelah di ujicobakan pada kelompok besar Dikelas VIII DI SMP N 5 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan, yang berupaya membuat suatu rancangan pembelajaran yaitu Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). SMP Negeri 5 Kota Jambi dipilih sebagai tempat penelitian karena berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan, penggunaan RPP yang bernilai karakter belum di terapkan oleh guru sebagai pengajar bidang studi. Berdasarkan hasil penelitian, Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Model Value Clarification Technique Dalam Mata Pelajaran IPS Terpadu Dikelas VIII DI SMP N 5 Kota Jambi sudah dinyatakan valid oleh tim ahli untuk validasi RPP memperoleh sekor 33 dengan persentase 83%, untuk materi RPP memperoleh skor 32 dengan persentase 88.89%, untuk validasi bahasa memperoleh skor 16 dengan persentase 80%. Praktikalitas dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Model Value Clarification Technique yang telah dikembangkan setelah di ujicobakan pada kelompok kecil Dikelas VIII DI SMP N 5 Kota Jambi dari 10 orang siswa memperoleh skor 82,5%. Efektifitas dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dari 35 siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 70 dan ketuntasan siswa hantya 40%, pada siklus II memperoleh rata-rata 70 dengan ketuntasan siswa sebesar 90%. Sehingga penggembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Model Value Clarification Technique dapat dkatakan efektif.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mini Wati Siagian
Date Deposited: 20 Dec 2019 03:19
Last Modified: 20 Dec 2019 03:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9982

Actions (login required)

View Item View Item