ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DAN KORELASINYA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI

Theresia Sitinjak, Santa (2020) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DAN KORELASINYA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, GAMBAR. TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (473kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (370kB)

Abstract

Sitinjak, Santa Theresia. 2020. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving melalui Pendekatan Open-Ended dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Dr. Drs. Syamsurizal, M.Si, Pembimbing II: Drs. Epinur, M.Si. Kata kunci: Creative Problem Solving melalui pendekatan open-ended, Berpikir Kreatif, Larutan Penyangga. Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam mempelajari sesuatu. Hasil observasi ditemukan siswa kelas XI MIPA di SMAN 10 Kota Jambi masih banyak yang tidak memahami konsep sehingga kemampuan berpikir kreatifnya tidak bisa berkembang. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif didalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran CPS melalui pendekatan open-ended. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran CPS melalui pendekatan open-ended dan korelasi keterlaksanaan model pembelajaran CPS melalui pendekatan open-ended dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi larutan penyangga di SMAN 10 Kota Jambi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan jenis model Triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 3. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran baik dari guru maupun siswa dan soal tes esai kemampuan berpikir kreatif siswa. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan uji korelasi product moment. Keterlaksanaan model pembelajaran CPS melalui pendekatan open-ended oleh siswa adalah 69,25% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kreatif siswa adalah 67,26% dengan kategori baik. Korelasi keterlaksanaan model pembelajaran CPS melalui pendekatan open-ended dengan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh rxy = 0,70 dengan tingkat hubungan kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran CPS melalui pendekatan open-ended berjalan dengan baik dan terdapat korelasi keterlaksanaan model CPS melalui pendekatan open-ended dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA 3 SMA SMAN 10 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving melalui pendekatan open-ended, Berpikir Kreatif, Larutan Penyangga.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: SANTA THERESIA SITINJAK
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:07
Last Modified: 05 Aug 2020 07:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13206

Actions (login required)

View Item View Item