PENGEMBANGAN E-MODUL PENGOLAHAN LIMBAH BERBASIS BIOFUEL UNTUK PEMBELAJARAN LINGKUNGAN BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI

Mustika, Bela (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PENGOLAHAN LIMBAH BERBASIS BIOFUEL UNTUK PEMBELAJARAN LINGKUNGAN BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK BELA.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB 1 BELA.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB 5 BELA.pdf

Download (326kB)
[img] Text
COVER DLL-1.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (441kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN BELA.pdf

Download (79kB)
[img] Text
SKRIPSI BELA MUSTIKA_RSA1C417006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Sarana yang dapat membantu dalam proses pembelajaran online adalah bahan ajar berupa e-modul. penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengembangkan produk e-modul pada mata kuliah ilmu pengetahuan lingkungan, untuk mengetahui kelayakan e-modul, dan untuk mengetahui persepsi dosen pengampu dan mahasiswa terhadap e-modul yang dikembangkan. Jenis Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan meliputi:Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jambi terdiri dari kelompok kecil yang berjumlah 14 mahasiswa, sedangkan kelompok besar berjumlah 50 mahasiswa, instrument yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket validasi ahli media dan ahli materi, angket persepsi dosen pengampu matakuliah IPL (ilmu pengetahuan lingkungan), dan angket persepsi mahasiswa. Validasi media yang dilakukan sebanyak 2 kali, tahap I (55 %) , tahap II (95 %). Validasi materi yang dilakukan sebanyak 2 kali tahap I (50 %) , tahap II (93,33 %). persepsi dosen pengampu (86,66 %), ujicoba kelompok kecil (88,09 %), ujicoba kelompok besar adalah sebesar (91 %). Dari hasil persentase yang diperoleh, dapat di simpulkan bahwa e-modul pengolahan limbah berbasis biofuel dinyatakan “Sangat Layak” dan “Sangat Baik” untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Bahan ajar, E-modul, Kelayakan, Persepsi ABSTRACT Facilities that can help in the online learning process are teaching materials in the form of e-modules. This study aims to develop e-module products in environmental science courses, to determine the feasibility of e-modules, and to determine the perceptions of lecturers and students towards the developed e-modules. This type of research uses the R&D method with the ADDIE development model consisting of five stages including: Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. This research was conducted on Biology Education students, Jambi University consisting of a small group of 14 students, while a large group of 50 students, the instrument used for data collection was a media expert and material expert validation questionnaire, a perception questionnaire for IPL (environmental science lecturers), and student perception questionnaires. Media validation was carried out 2 times, stage I (55%), stage II (95%). The material validation was carried out 2 times, stage I (50%) and stage II (93.33%). the perception of the teaching lecturer (86.66 %), small group trial (88.09 %), large group trial was equal to (91 %). From the percentage results obtained, it can be concluded that the biofuel-based e-waste treatment module was declared "Very Appropriate" and "Very Good" for use in the learning process. Keywords: Teaching materials, E-module, Feasibility, Perception

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, E-modul, Kelayakan, Persepsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mustika
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:57
Last Modified: 18 Jan 2022 03:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30370

Actions (login required)

View Item View Item