Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 1 Tungkal Ulu pada materi Bioteknologi melalui model project based learning

Sofyana, Nana (2022) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 1 Tungkal Ulu pada materi Bioteknologi melalui model project based learning. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (75kB)
[img] Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (436kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (76kB)

Abstract

ABSTRAK Sofyana, Nana. 2022 “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 1 Tungkal Ulu Pada Materi Bioteknologi Melalui Model Project Based Learning” Tesis, Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Upik Yelianti, M.S (2) Dr. Dra M. Dwi Wiwik Ernawati, M.Kes. Pembelajaran pada abad 21 diharapkan mampu mengatasi permasalahan pada proses pembelajaran yang salah satunya melalui model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tungkal Ulu dalam pembelajaran IPA, melalui observasi menunjukkan bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered) serta kemampuan berpikir kritis masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Biotenologi kelas IX A SMP Negeri 1 Tungkal Ulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan pada siklus ke I Kemampuan berpikir kritis siswa cukup meningkat sesuai dengan rencana pembelajaran, hasilnya adalah 17 siswa tuntas dengan persentase 56,67%, dan 13 siswa tidak tuntas dengan persentase 43%. Berdasarkan hasil pada siklus ke 1 siswa cukup antusias dalam mengikuti pembelajaran pada materi Bioteknologi. Sesuai dengan refleksi sehingga peneliti harus dilanjutkan pada siklus kedua. Pada siklus II berhasil diperbaiki pembelajaran dengan hasilnya adalah 26 siswa tuntas dalam mengikuti pembelajaran dengan persentase 86,67 %, namun terdapat 4 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 13,33%. Berdasarkan pemantauan tindakan aktivitas guru dan pemantauan tindakan aktivitas siswa dengan penerapkan model Project Based Learning memperoleh persentase pada siklus 1 sebesar 81,66 % hasil tindakan guru dan 51,15% hasil tindakan siswa. pada siklus II 93,3 hasil tindakan guru dan 66,66 % hasil tindakan siswa. Dengan demikian penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX A SMPN 1 Tungkal Ulu pada materi bioteknologi. Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis, bioteknologi, PjBL

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: SOFYANA
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:11
Last Modified: 22 Jun 2022 02:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35520

Actions (login required)

View Item View Item