MANIK S., FRANSISKA R. Penerapan Strategi Pembelajaran The Learning Cell Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Pada Materi Termodinamika Siswa Kelas XI IA SMA Xaverius 2 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. JURNAL Penerapan Strategi Pembelajaran The Learning Cell Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Pada Materi Termodinamika Siswa Kelas XI IA SMA Xaverius 2 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018.
|
Text
abstrak.pdf Download (122kB) |
Abstract
ABSTRAK Manik, Fransiska R. 2018. Penerapan Strategi Pembelajaran The Learning Cell Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Pada Materi Termodinamika Siswa Kelas XI IA SMA Xaverius 2 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M. Hidayat, M.Pd., (II) Dian Pertiwi Rasmi, S.Pd., M.Pd., Kata kunci: Kemampuan Bertanya Siswa, Strategi Pembelajaran The Learning Cell Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan bertanya siswa kelas XI IA SMA Xaverius 2 Kota Jambi pada pembelajaran fisika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti melakukan penelitian dengan judul Penerapan Strategi Pembelajaran The Learning Cell Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Pada Materi Termodinamika Siswa Kelas XI IA SMA Xaverius 2 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sesuai dengan model tindakan yang digunakan oleh peneliti yakni model Kurt Lewin yang menjelaskan pada setiap siklus dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan selanjutnya refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bertanya siswa kelas XI IA SMA Xaverius 2 Kota Jambi dengan menggunakan strategi pembelajaran the learning cell. Penelitian ini dilakukan di SMA Xaverius 2 Kota Jambi pada Februari 2018. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi kemampuan bertanya siswa, observasi kegiatan siswa, dan observasi kegiatan guru. Hasil dari observasi diolah dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bertanya siswa meningkat saat diterapkan strategi pembelajaran The Learning Cell. Terdapat empat indikator kemampuan bertanya pada penelitian ini yaitu: 1) konten (isi pertanyaan), 2) sikap, 3) suara, dan 4) redaksi kalimat. Rata-rata persentase kemampuan bertanya pada siklus I adalah 75.04% dan pada siklus II sebesar 92.43%. Dari rata-rata persentase tersebut menunjukkan bahwa kemampuan bertanya siswa meningkat. Begitu juga dengan hasil observasi kegiatan siswa dan kegiatan guru juga meningkat.Dari hasil penelitian ini penerapan strategi pembelajaran The Learning Cell dapat meningkatkan kemampuan bertanya siswa dan guru disarankan menerapkannya dalam pembelajaran agar kemampuan bertanya siswa semakin terasah.
| Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | FRANSISKA R. MANIK S. |
| Date Deposited: | 28 May 2018 00:43 |
| Last Modified: | 28 May 2018 00:43 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4287 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
