IMPLEMENTASI LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMAN I KOTA JAMBI

ADLI, ADLI IMPLEMENTASI LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMAN I KOTA JAMBI. JURNAL IMPLEMENTASI LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMAN I KOTA JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL_ADLI_A1A214064.pdf

Download (315kB)

Abstract

IMPLEMENTASI LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMAN I KOTA JAMBI Pembimbing: 1.) Drs. Budi Purnomo, M.Hum M.Pd. 2.) Nelly Indrayani, M.Hum ABSTRAK Kemampuan literasi siswa yang rendah serta minat belajar yang rendah mengakibatkan proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik. Untuk mengatasi rendahnya minat baca dan rendah minat belajar tersebut mendikbud mengalakan suatu program gerakan literasi sekolah pada tahun 2016. Dengan adanya penerapan literasi di sekolah akan dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalalah untuk mengetahui impelementasi literasi sekolah terhadap minat belajar sejarah siswa kelas X SMAN I Kota Jambi. Subjek penelitian ini yaitu waka kurikulum, pembimbing literasi, kepala pustaka, guru dan siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan Triangulasi data yaitu dengan Wawancara, Observasi. Dokumentasi. Penelitian ini adalah kualitatif deskriftip. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan “Bagaimanakah Penerapan Literasi Sekolah Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMAN I Kota Jambi”. Berdasarkan hasil penelitian terlihat pelaksanaan literasi sekolah di SMAN I Kota Jambi dikategorikan cukup bagus. Literasi ini dilaksanakan pada selasa dan kamis, sedangkan untuk hari lainnya siswa diberikan arahan dan bimbingan untuk melaksanakan literasi secara mandiri. Kebijakan yang diambil sekolah dalam penerapan literasi sekolah yaitu memberikan waktu selama 30 menit untuk siswa melakukan literasi. Sumber bacaan yang ada di sekolah yaitu disediakan di perpustakaan, sudut literasi, dan pojok literasi. Sumber bacaan yang terdapat di sekolah yaitu buku fiksi dan non fiksi. Pelaksanaan literasi pada bidang studi dilaksanakan selama 30 menit, dengan cara guru memberikan bimbingan serta arahan kepada siswa untuk membaca, melihat, mendengarkan, dan menyimak tentang video yang ditampilkan oleh guru mengenai. Dengan adanya literasi dalam bidang studi sejarah dapat meningkat minat belajar sejarah. Terlihat dari partisipasi, kemauan siswa serta siswa semakin termotivasi dalam belajar sejarah. Kata kunci: Literasi sekolah, Minat belajar sejarah

Type: Article
Subjects: L Education > LA History of education
Depositing User: ADLI
Date Deposited: 31 May 2018 00:56
Last Modified: 31 May 2018 00:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4323

Actions (login required)

View Item View Item