Tambunan, Suci Rohana Putri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MATERI LARUTAN PENYANGGA. S1 thesis, Universitas Jambi.
|
Text
COVER SAMPAI DAFTAR LENGKAP.pdf Download (221kB) |
|
|
Text
ABSTRAK SUCI ROHANA PUTRI TAMBUNAN.pdf Download (9MB) |
|
|
Text
BAB I SUCI ROHANA PUTRI TAMBUNAN.pdf Download (82kB) |
|
|
Text
BAB V SUCI ROHANA PUTRI TAMBUNAN.pdf Download (74kB) |
|
|
Text
DAPUS SUCI ROHANA PUTRI TAMBUNAN.pdf Download (151kB) |
|
|
Text (lembar pengesahan)
FIXXX SKRIPSI - SUCI ROHANA PUTRI TAMBUNAN - BISMILLAH.pdf Download (9MB) |
|
|
Text
FIXXX SKRIPSI - SUCI ROHANA PUTRI TAMBUNAN - BISMILLAH-4-5 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terdiri dari tiga tahapan proses belajar yaitu berpikir, berbicara dan menulis. Model ini memberikan kesempatan pada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan melatih kemampuan berpikir kritis siswa secara mandiri dan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TTW pada materi larutan penyangga dan (2) pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW pada materi larutan penyangga terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain posttest only control group design. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Kota Jambi. Sampel yaitu XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran Direct instruction, dimana kedua sampel menggunakan media belajar LKPD yang sama. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TTW oleh guru dan siswa, lembar observasi kemampuan berpikir kritis dan tes esai. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji t pihak kanan. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TTW oleh guru dan siswa telah terlaksana dengan baik secara keseluruhan. Kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata persentase lebih tinggi daripada kelas kontrol berdasarkan hasil observasi kemampuan berpikir kritis dan tes esai. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan (1) keterlaksanaan model kooperatif tipe TTW pada materi larutan penyangga secara keseluruhan sudah terlaksana dengan baik ditinjau dari aktivitas guru serta diperoleh rata-rata skor 2,96 dan persentase 74,14% dengan kategori baik ditinjau dari aktivitas siswa, (2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi larutan penyangga di SMA Negeri 8 Kota Jambi ditinjau dari hasil pengujian hipotesis dengan nilai thitung (3,45971) > t-tabel (1,66599).
| Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Tambunan |
| Date Deposited: | 17 Apr 2023 03:40 |
| Last Modified: | 17 Apr 2023 03:40 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47259 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
