GINTING SUKA, DEA ELIABETH (2023) UPAYA GURU DALAM MENGATASI HAMBATANMERANCANG MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SDN 47/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
|
Text
SKRIPSI DEA ELIZABETH GINTING SUKA (A1D119073) 8 Mei.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
cover-daftar lampiran.pdf Download (373kB) |
|
|
Text
cover-daftar lampiran.pdf Download (373kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (303kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (183kB) |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (394kB) |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN (1).pdf Download (30kB) |
Abstract
Ginting, Dea Elizabeth. 2023. Hambatan Guru Dalam Merancang Modul Ajar Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Kelas IV SD N 47/IV Kota Jambi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Arsil., M.Pd, (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Modul Ajar, Hambatan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan guru dalam merancang modul ajar kurikulum merdeka di sekolah dasar kelas IV SD N 47/IV Kota Jambi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang mendeskripsikan hambatan guru dalam merancang modul ajar kurikulum merdeka di sekolah dasar kelas IV SD N 47/IV Kota Jambi. Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara guru kelas IV sebagai data utama, kemudian observasi berupa observasi pertisipan non aktif serta dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil wawancara. Kurikulum merdeka diharapkan dapat membebaskan siswa dalam berpikir, berkreasi, dan beradaptasi. Tidak hanya kebebasan untuk siswa saja, tetapi guru juga merasakan kebebasan dalam proses kegiatan pembelajaran, guru memiliki kebebasan dalam berkreasi di kelas, lalu guru dibebaskan dalam mengembangkan sifat siswa yang mandiri, cerdas dan berani. Modul ajar kata baru dari RPP, tetapi isi dari modul ajar dan RPP sangatlah berbeda. Modul ajar meliputi capaian pembelajaran (CP), tujuan pembelajaran (TP), dan alur tujuan pembelajaran (ATP). Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa guru kelas IV SD N 47/IV Kota Jambi mengalami beberapa hambatan dalam merancang modul ajar kurikulum merdeka. (1) Kurangnya kesiapan pemerintah pendidikan dalam peluncuran kurikulum merdeka, (2) dimana tidak adanya ketentuan baku yang membuat guru kesulitan dalam merancang modul ajar tersebut, kerena guru perlu memaham konsep mengenai modul ajar agar proses pembelajaran lebih menarik dan bermanfaat, (3) guru kesulitan dalam menempat elemen-elemen dari modul ajar seperti Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran vi (ATP), dapat peneliti lihat bahwa dalam menentukan CP, TP dan ATP ini pula menjadi penentu utama dalam berhasilnya suatu modul ajar atau tidak.
| Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | UPAYA GURU MENGATASI HAMBATAN MERANCANG MODUL AJAR DI SDN 47/IV KOTA JAMBI |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
| Depositing User: | SUKA |
| Date Deposited: | 19 May 2023 07:30 |
| Last Modified: | 19 May 2023 07:30 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48798 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
