HUBUNGAN HARGA DIRI DENGAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI

Margaretha, Aurora Christy (2024) HUBUNGAN HARGA DIRI DENGAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (308kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (256kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat konformitas teman sebaya yang dilakukan oleh peserta didik di lingkungan sekolah baik dalam bentuk perilaku yang bersifat positif maupun negatif. Hal tersebut terjadi dikarenakan oleh adanya perasaan ingin diterima oleh kelompok teman sebaya sebagai bentuk penghargaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menguji hubungan harga diri dengan konformitas teman sebaya. Fokus dalam penelitian ini ditujukan pada aspek ketaatan, kesepakatan dan kekompakan dari konformitas teman sebaya. Serta aspek perasaan mengenai diri sendiri, perasaan terhadap hidup dan hubungan dengan orang dari harga diri. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Jambi yang berjumlah 319 orang, dan diperoleh sampel berjumlah 179 orang siswa, yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan pengukuran skala likert. Data diolah menggunakan analisis deskriptif, asumsi statistik, dan korelasi dengan metode product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat harga diri siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 70,4%, (2) tingkat konformitas teman sebaya siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 63%, dan (3) terdapat hubungan yang bersifat positif dan signifikan antara harga diri dengan konformitas teman sebaya, dengan diperoleh r hitung sebesar 0,252 yang lebih besar dari r tabel sebesar 0,1459. Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi harga diri (X) maka semakin tinggi konformitas teman sebaya (Y). Implikasi hasil penelitian ini dapat menjadi gambaran permasalahan didik kelas VII, sehingga dapat membantu guru Bimbingan dan Konseling dalam menetapkan layanan yang akan diberikan pada siswa SMP Negeri 5 Kota Jambi. Kata kunci : Harga Diri, Konformitas Teman Sebaya This research is motivated by the high level of peer conformity carried out by students in the school environment, both in the form of positive and negative behavior. This happens because of the feeling of wanting to be accepted by the peer group as a form of self-respect. This research aims to describe and test the relationship between self-esteem and peer conformity. The focus in this research is aimed at aspects of obedience, agreement and cohesion of peer conformity. As well as aspects of feelings about oneself, feelings about life and relationships with people from self-esteem. The population in this study were 319 class VII students at SMP Negeri 5 Jambi City, and a sample of 179 students were obtained, selected using random sampling techniques. The instrument used was a questionnaire with Likert scale measurements. Data is processed using descriptive analysis, statistical assumptions, and correlation using the product moment method. The results of the research show that: (1) the level of student self-esteem is in the high category with a percentage of 70.4%, (2) the level of conformity of students' peers is in the high category with a percentage of 63%, and (3) there is a relationship that is positive and significant between self-esteem and peer conformity, with a calculated r of 0.252 which is greater than the r table of 0.1459. Based on the research findings, it can be concluded that the higher self-esteem (X), the higher peer conformity (Y). The implications of the results of this research can be an illustration of the problems of class VII students, so that it can help Guidance and Counseling teachers in determining the services that will be provided to students at SMP Negeri 5 Jambi City. Keywords: Self-Esteem, Peer Conformity

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Self-Esteem, Peer Conformity
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Margaretha
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:05
Last Modified: 10 Jul 2024 08:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61408

Actions (login required)

View Item View Item