Rahmayada, Rahmayada (2024) Gambaran Tingkat Self Esteem Siswa Yang Mengalami Kekerasan Verbal Orang Tua di SMK N 4 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
|
Text
Cover.pdf Download (10kB) |
|
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (230kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (292kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (428kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (298kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
|
|
Text
Skripsi full Rahmayada (A1E119065).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Self esteem adalah aspek penting dalam kehidupan. Self esteem yang tinggi membuat individu merasa aman, karena individu tersebut tidak ragu dan merasa puas akan karakter serta kemampuannya, sehingga mereka dapat menerima dan menghargai dirinya secara positif. Individu yang semasa hidupnya mendengar pujian, motivasi, dan kritik yang membangun maka besar kemungkinannya memiliki self esteem yang tinggi. Self esteem terdiri dari dua Aspek yaitu rasa percaya diri (confidence) dan rasa mencintai diri (self love). Orang tua sebagai faktor penting dalam pembentukan self esteem anak terkadang tanpa sadar berteriak, marah dengan kata-kata kasar, mengancam kepada anak. Perilaku tersebut sudah kategori kekerasan verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self esteem siswa yang mengalami kekerasan verbal di SMK N 4 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 4 Kota Jambi tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 424 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan purposive sampling berjumlah 39 siswa yakni siswa yang mengalami kekerasan verbal orang tua. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket self esteem yang berisi 30 item. Pengolahan data menggunakan rumus persentase formula C. Hasil pengolahan data terkait tingkat self esteem siswa yang mengalami kekerasan verbal orang tua yakni diperoleh nilai sebesar 48,88%, hal ini dapat dikategorikan pada tingkat “sedang”, dengan rincian yakni tingkat rasa percaya diri (confidence) 46,20% dengan kategori tingkat “sedang” dan rasa mencintai diri (self love) 51,87% dengan kategori tingkat “sedang”. Hasil penelitian tersebut menggambarkan bahwa self esteem siswa yang mengalami kekerasan verbal orang tua memiliki penerimaan diri yang positif tetapi dalam lingkungan sosial memungkinkan untuk menjadi individu yang tergantung pada individu lain sehingga mendatangkan rasa tidak aman. Hasil penelitian ini dapat memberikan saran kepada pihak sekolah khususnya guru Bimbingan dan Konseling agar hasil penelitian ini menjadi sumber rujukan dalam memberikan bantuan untuk meningkatkan self esteem pada siswa yang mengalami kekerasan verbal oleh orang tua dengan cara memberikan layanan-layanan yang sesuai. Kata kunci : self esteem, kekerasan verbal orang tua
| Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | self esteem, kekerasan verbal orang tua |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | RAHMAYADA |
| Date Deposited: | 19 Mar 2024 04:30 |
| Last Modified: | 10 Jul 2024 08:13 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62237 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
