Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Layanan Konseling Individual dengan Motivasi Siswa Mengikuti Layanan Konseling di SMP N 8 Kota Jambi

Sera, Syarifah (2024) Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Layanan Konseling Individual dengan Motivasi Siswa Mengikuti Layanan Konseling di SMP N 8 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak .pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Cover .pdf

Download (231kB)
[img] Text
S-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI Syarifah Sera 2024 (A1E120002) Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi_compressed.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pengesahan Syarifah Sera.pdf

Download (789kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Berdasarkan latar belakang permasalahan umum dan khusus yang terjadi bahwa masih banyak siswa yang beranggapan bahwa layanan konseling individu cenderung negative sehingga menyebabkan kurangnya motivasi mengikuti layanan konseling, fenomena yang terjadi dalam penelitian ini terlihat siswa jarang sekali memanfaatkan layanan konseling individu dan terlihat motivasi siswa mengikuti layanan konseling rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat motivasi siswa mengikuti layanan konseling, persepsi siswa terhadap layanan konseling individual, dan mengungkap hubungan antara persepsi siswa terhadap layanan konseling individual dan motivasi siswa mengikuti layanan konseling di SMP N 8 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dan analisis data menggunakan product moment penarikan sampel dengan teknik total sampling sebanyak 47 siswa di SMP N 8 Kota Jambi yang pernah mengikuti layanan konseling individual, dengan alat pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi siswa mengikuti layanan konseling sebesar 65% yang dikategorikan sedang, dan tingkat persentase persepsi siswa terhadap layanan konseling individual diperoleh sebesar 71% yang dikategorikan baik, dan analisis korelasi diperoleh sebesar 0,72 yang termasuk dalam tingkatan tinggi atau besar. Maka dapat dikatakan adanya hubungan positif antara persepsi siswa terhadap layanan konseling individual dengan motivasi siswa mengikuti layanan konseling. Demikian diharapkan guru dan peneliti selanjutnya dapat melakukan intervensi untuk menghilangkan persepsi negatif siswa terhadap layanan konseling individual dan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mengikuti layanan konseling di SMP N 8 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Berdasarkan latar belakang permasalahan umum dan khusus yang terjadi bahwa masih banyak siswa yang beranggapan bahwa layanan konseling individu cenderung negative sehingga menyebabkan kurangnya motivasi mengikuti layanan konseling, fenomena yang terjadi dalam penelitian ini terlihat siswa jarang sekali memanfaatkan layanan konseling individu dan terlihat motivasi siswa mengikuti layanan konseling rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat motivasi siswa mengikuti layanan konseling, persepsi siswa terhadap layanan konseling individual, dan mengungkap hubungan antara persepsi siswa terhadap layanan konseling individual dan motivasi siswa mengikuti layanan konseling di SMP N 8 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dan analisis data menggunakan product moment penarikan sampel dengan teknik total sampling sebanyak 47 siswa di SMP N 8 Kota Jambi yang pernah mengikuti layanan konseling individual, dengan alat pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi siswa mengikuti layanan konseling sebesar 65% yang dikategorikan sedang, dan tingkat persentase persepsi siswa terhadap layanan konseling individual diperoleh sebesar 71% yang dikategorikan baik, dan analisis korelasi diperoleh sebesar 0,72 yang termasuk dalam tingkatan tinggi atau besar. Maka dapat dikatakan adanya hubungan positif antara persepsi siswa terhadap layanan konseling individual dengan motivasi siswa mengikuti layanan konseling. Demikian diharapkan guru dan peneliti selanjutnya dapat melakukan intervensi untuk menghilangkan persepsi negatif siswa terhadap layanan konseling individual dan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mengikuti layanan konseling di SMP N 8 Kota Jambi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Sera
Date Deposited: 07 May 2024 03:21
Last Modified: 07 May 2024 03:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63256

Actions (login required)

View Item View Item