STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD

Pramulia, Fuji (2024) STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD)
COVER.pdf - Published Version

Download (22kB)
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD)
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (7kB)
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD)
BAB I.pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD)
BAB V.pdf - Published Version

Download (12kB)
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru pada perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPAS di kelas IV di SD Negeri 42/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian dilakukan di SD Negeri 42/IV Jambi. Subjek penelitian meliputi guru dan siswa kelas IVA. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi dalam tiga tahap utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru telah melakukan analisis CP, merumuskan TP dan menyusun ATP serta menyiapkan perangkat ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Tahap pelaksanaan guru menerapkan strategi berdiferensiasi sebagai kekhasan kurikulum merdeka, selalu menggunakan perangkat ajar dalam kegiatan pembelajaran, menciptakan lingkungan kelas yang kondusif agar pembelajaran efektif serta melaksanakan evaluasi pembelajaran untuk melihat perkembangan peserta didik. Sedangkan pada tahap evaluasi, guru melakukan refleksi serta evaluasi terhadap strategi yang telah diterapkan dengan memperhatikan tingkat kepuasan, keterlibatan, dan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran IPAS. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD mencakup tiga tahap utama yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi diri yang telah dilakukan oleh guru secara sistematis, sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, kurikulum merdeka, pembelajaran IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Pramulia
Date Deposited: 11 Jun 2024 07:14
Last Modified: 19 Feb 2025 02:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64942

Actions (login required)

View Item View Item