PENERAPAN STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE TEXT (CCT) MELALUI MEDIA INTERAKTIF NEARPOD UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Putri wardani, mentari sheila prili (2024) PENERAPAN STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE TEXT (CCT) MELALUI MEDIA INTERAKTIF NEARPOD UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
COVER .pdf

Download (83kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN .pdf

Download (242kB)
[img] Text
Abstrakk.pdf

Download (153kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL FIKS PRILIIIIIIIIIIIIIIIIIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1 PRILI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB 5 PRILI.pdf

Download (160kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Wardani, Mentari Sheila Prili Puteri Wardani. 2024. Penerapan Strategi Conceptual Change Text (CCT) Melalui Media Interaktif Nearpod Untuk Mereduksi Miskonsepsi Pada Materi Usaha Dan Energi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Prof. Drs. Maison, M.Si., Ph.D. (II) Jeliana Veronika Sirait M.Pd. Kata kunci: Strategi Conceptual Change Text, Miskonsepsi, Nearpod Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan mengetahui efektifitas strategi Conceptual Change Text (CCT) melalui media interaktif Nearpod untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik pada materi usaha dan energi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 12 Kota Jambi, sampel pada penelian ini adalah siswa kelas XI F5 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental design. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Conceptual Change Text (CCT) melalui Media Interaktif Nearpod sebagai upaya untuk mereduksi miskonsepsi siswa disajikan dalam bentuk media Nearpod. Media ini dilengkapi dengan strategi CCT mengintegrasikan empat fase, yaitu identifikasi konsep awal siswa, penciptaan konflik kognitif, proses equilibrasi, dan rekonstruksi konsep. Penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon signed rank test, untuk menguji efektivitas conceptual change text terhadap media nearpod dalam mereduksi miskonsepsi. Dan penerapan strategi CCT ini dapat menurunkan miskonsepsi peserta didik yang signifikan dilihat dari hasil uji Wilcoxon Signed Rank, ditemukan penurunan yang signifikan secara statistik setelah diberikan perlakuan, dengan nilai z = -2,989 dan p < 0,05. Penurunan miskonsepsi juga terlihat dari perubahan rata-rata, dari M = 23,33 menjadi M = 3,33 Abstrak Misconceptions in understanding physics concepts, particularly in the subject of effort and energy, have become an important concern in the context of learning in senior high schools. Previous studies show a high level of misconceptions among students, which leads to obstacles in the correct understanding of concepts. Therefore, this study aims to apply the Conceptual Change Text (CCT) Strategy through Nearpod Interactive Media as an effort to reduce students' misconceptions. The CCT concept integrates four phases, namely identification of students' initial concepts, creation of cognitive conflict, equilibration process, and concept reconstruction. This research was conducted at SMAN 12 Jambi City, the sample in this research was class XI F5 students with sampling techniques using random sampling techniques. This study uses quantitative research methods with the type of research used is Pre Experimental design. This study used the Wilcoxon signed rank test, to test the effectiveness of conceptual change text on nearpod media in reducing misconceptions. The results of the research, data analysis can be concluded that in class XI F5 students show the criteria for moderate misconceptions with an average percentage of 36.66. The results of the Wilcoxson signed rank test show that there is an effectiveness of the conceptual change text strategy on nearpod media in reducing misconceptions. Keywords: Misconception, Conceptual Change Text Strategy, Nearpod

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi Conceptual Change Text, Miskonsepsi, Nearpod
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: WARDANI
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:54
Last Modified: 03 Jul 2024 06:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66225

Actions (login required)

View Item View Item