Perbandingan Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP N 5, SMP N 6, SMP N 26 Muaro Jambi

Ningsih, Yulia (2019) Perbandingan Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP N 5, SMP N 6, SMP N 26 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (35kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (405kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (56kB)

Abstract

ABSTRAK Ningsih, Yulia. 2019, Perbandingan Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP N 5, SMP N 6, SMP N 26 Muaro Jambi: Skripsi, Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra.Astalini, M.Si.,(II) Dwi Agus Kurniawan, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Perbandingan Sikap, Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berdasarkan hasil observasi studi pendahuluan yang dilakukan di SMP di kecamatan Sekernan terkait mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Siswa asik mengobrol dengan teman sebangkunya ketika guru menjelaskan dikelas, kemudian siswa tidak fokus ketika diberikan pertanyaan terkait materi ilmu pengetahuan alam akibatnya siswa tidak mampu menjawab dengan benar, hal ini merupakan salah satu contoh sikap negatif. Sehingga perlu diperlukan perhatian yang lebih dari guru dan sekolah agar siswa mampu memiliki sikap yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai perbedaan sikap siswa terhadap mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di SMP tahun pelajaran 2018/2019 se-kecamatan Sekernan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri yang ada di kecamatan Sekernan Muaro Jambi. Secara khusus penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Muaro Jambi, SMP Negeri 6 Muaro Jambi dan SMP Negeri 26 Muaro Jambi. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan desain komparatif dan di uji asumsi diantaranya uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis diantaranya uji one way anova dengan uji lanjut scheffe. Hasil penelitian yang dilakukan di SMP N yang ada di kecamatan Sekernan diperoleh bahwa nilai signifikansi 0.006 (p<0.05) maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata sikap siswa terhadap mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di SMP N 5 Muaro Jambi, SMP N 6 Muaro Jambi, dan SMP N 26 Muaro Jambi. Dan ketika dilakukan uji lanjut scheffe sekolah yang memiliki perbidaan yang yang signifikan adalah SMP N 5 Muaro Jambi dan SMP N 26 Muaro Jambi dengan nilai rata-rata 3.56≠3.67. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk guru yang mengajar IPA dan sekolah agar dapat memberikan perlakuan yang berbeda kepada siswa sesuai dengan sikap yang dimiliki siswa terhadap mata pelajaran IPA terlebih lagi pada saat proses pembelajaran. Peneliti juga menyarankan untuk penelitian selanjutnya untuk membandingkan aspek kognitif dan psikomotorik siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: YULIA NINGSIH
Date Deposited: 19 Mar 2019 07:57
Last Modified: 19 Mar 2019 07:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7276

Actions (login required)

View Item View Item