PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGALIHAN UANG KEMBALIAN OLEH PELAKU USAHA MINIMARKET MUARA BULIAN

soleh, Masyuri (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGALIHAN UANG KEMBALIAN OLEH PELAKU USAHA MINIMARKET MUARA BULIAN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB IV KESIMPULAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Kover Judul.pdf

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (482kB)
[img] Text
skripsi Masyuri Soleh fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaku usaha dan konsumen memiliki hak dan kewajiban masing- masing.Undang-undang Perlindungan Konsumen telah mengatur tentang perlindungan yang diberikan terhadap konsumen yang merasa dirugikan oleh pelaku usaha, termasuk juga hak dan kewajiban dari konsumen ataupun pelaku usaha. Adapun masalah dari penelitian ini yaitu pertanggungjawaban pelaku usaha terhadap pengalihan uang kembalian dan perlindungan hukum konsumen terhadap pengalihan uang kembalian oleh pelaku usaha indomaret dan alfamart. Tujuan penelitian untuk mengkaji pertanggungjawaban pelaku usaha terhadap pengalihan uang kembalian oleh pelaku usah indomaret dan alfamart, serta untuk menkaji perlindungan hukum konsumen terhadap pengalihan uang kembalian oleh pelaku usaha indomaret dan alfamart. Tipe dari penelitan ini adalah yuridis empiris yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta yang terjadi dalam kenyataannya dalam masyarakat. Hukum perlindungan konsumen secara tidak langsung adalah untuk meningkatkan martabat dan kesadaran konsumen. Secara tidak langsung hal ini juga akan mendorong produsen untuk melakukan usaha dengan penuh tanggung jawab. Bentuk-bentuk pengalihan uang koin menjadi uang sumbangan yang kerap dilakukan pengusaha bisa menimbulkan penyimpangan dari kaidah hukum yang telah ditetapkan, sebab kegiatan itu akan merugikan jika konsumen tidak rela. Hasil dari penelitian ini yaitu pengalihan uang kembalian kedalam bentuk donasi sering dilakukan akan tetapi sesuai persetujuan dari konsumen, pihak pelaku usaha minimarket indomaret dan alfamart dalam menawarkan kepada konsumen mengenai uang kembalian konsumen akan dijadikan donasi. Kesimpulan peneltian ini yaitu dalam praktik belum sepenuhnya sesuai dengan aturan yang berlaku, praktek ini masih sering dilakukan tanpa persetujuan jelas dari konsumen. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen; Pengalihan Uang Kembalian; Usaha Minimarket.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: SOLEH
Date Deposited: 14 Feb 2025 06:52
Last Modified: 14 Feb 2025 06:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75481

Actions (login required)

View Item View Item