Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Menggunakan Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMPN 17 Merangin

Suhartanti, Indri (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Menggunakan Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMPN 17 Merangin. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (589kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak siswa yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai siswa yang termasuk kategori rendah, banyaknya siswa yang kurang memahami materi statistika secara baik, serta model pembelajaran yang berpusat kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning Menggunakan Wordwall terhadap hasil belajar matematika materi Statistika Siswa Kelas VIII SMPN 17 Merangin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 17 Merangin. Adapun yang menjadi sampelnya yaitu Siswa Kelas VIIIA (Siswa Kelas eksperimen) dan Siswa Kelas VIII (Siswa Kelas kontrol) yang mana terpilih dengan menggunakan Teknik simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada Siswa Kelas eksperimen (model Quantum Learning Menggunakan Wordwall) adalah 9,29 dengan rata-rata aktivitas guru 90,79% (berkategori tinggi) dan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada Siswa Kelas kontrol adalah 7,81 dengan nilai rata-rata aktivitas guru 85,72% (berkategori tinggi). Kemudian dilakukan analisis menggunakan uji t sehingga diperoleh hasil bahwa nilai signifikansinya sebesar 0,003 < 0,05 maka H_o ditolak dan H_1 diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Menggunakan Wordwall terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMPN 17 Merangin. Adapun rata-rata hasil belajar matematika materi statistika siswa Kelas VIII yang diterapkan pembelajaran dengan model pembelajaran Quantum Learning Menggunakan Wordwall lebih tinggi daripada hasil belajar matematika Siswa Kelas yang diterapkan pembelajaran dengan model konvensional.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Quantum Learning, Wordwall, Hasil Belajar Matematika, Statistika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SUHARTANTI
Date Deposited: 21 Feb 2025 07:17
Last Modified: 21 Feb 2025 07:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75617

Actions (login required)

View Item View Item