PENGEMBANGAN EDU GAMES E-CONGKLAK BERBASIS HOTS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA

Ramadhan, Didin (2025) PENGEMBANGAN EDU GAMES E-CONGKLAK BERBASIS HOTS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover 1-2.pdf

Download (176kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Ramadhani, Didin. 2025. Pengembangan Edu games E-Congklak Berbasis HOTS pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA Kelas X. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si., (2) Muhammad Yusuf, M.Pd. Kata Kunci: E-Congklak, HOTS, Keanekaragaman Hayati, Literasi Sains Media pembelajaran berperan penting dalam menunjang proses belajar, khususnya pada mata pelajaran Biologi yang sering dianggap kurang menarik. Salah satu inovasi untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah Edu games E-Congklak, media digital yang mengadaptasi permainan tradisional congklak dengan soal-soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Edu games E-Congklak berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada materi keanekaragaman hayati untuk siswa kelas X SMA, menilai kelayakan dan respon pengguna (siswa dan guru) terhadap media tersebut, serta menganalisis efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ASSURE. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA PGRI 2 Kota Jambi. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi, angket respon siswa, penilaian guru, serta tes pretest– posttest. Validasi oleh ahli media memperoleh persentase 93,42% (kategori sangat layak), validasi oleh ahli materi memperoleh persentase 95% (kategori sangat layak), penilaian guru sebesar 95,71% (kategori sangat baik), dan respon siswa sebesar 88,33% (kategori sangat baik). Hasil uji coba menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 58,65 pada pretest menjadi 83,50 pada posttest dengan nilai N-Gain 0,613 (kategori sedang). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Edu games E-Congklak berbasis HOTS layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan literasi sains siswa. Selain itu, media Edu games E-Congklak juga dapat dijadikan alternatif bagi guru biologi dalam meningkatkan motivasi dan literasi sains siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Congklak, HOTS, Keanekaragaman Hayati, Literasi Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: RAMADHANI
Date Deposited: 06 Nov 2025 02:31
Last Modified: 06 Nov 2025 02:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87499

Actions (login required)

View Item View Item