Efektivitas Model Pembelajaran Problem Bassed Learning Berbasis Socio-Scientific Issue Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Fase E Sma Negeri 10 Muaro Jambi

Anggraeni, Fika (2025) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Bassed Learning Berbasis Socio-Scientific Issue Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Fase E Sma Negeri 10 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (214kB)
[img] Text
COVER (2).pdf

Download (81kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (199kB)
[img] Text
full skripsi fika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (81kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem bassed learning (PBL) berbasis Socio Scientific Issue (SSI) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental atau biasa disebut dengan eksperimen semu dengan menggunakan bentuk penelitian nonequivalen group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi.sampling yang digunakan adalah purpose sampling dengan jumlah sampel 33 siswa untuk kelas kontrol dan 33 siswa untuk jumlah kelas eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independendent sample T test terhadap data hasil posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil perhitungan uji hipotesis ini adalah nilai t_(hitung )sebesar 7.322, sedangkan t_(tabel )2,037 dengan alfa = 0,05 dan df = 64. t_hitung lebih besar dari t_(tabel ), yaitu -7,322 > 2,037, karena hasil t_hitung lebih besar dari t_(tabel ), hasil sig. (2-tailed) lebih kecil dari alfa, yaitu 0,000 < 0,05 , maka keputusannya adalah H_o ditolak dan H_a diterima. Tolak H_o artinya kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran problem based learning berbasis socio scientific sama dengan metode ekspositori. Terima H_a artinya kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran problem bassed learning berbasis socio-scientific issue tidak sama dengan model pembelajaran ekspositori. Dengan demikian, kesimpulannya adalah pembelajaran problem bassed learning berbasis socio-scientific issue efektif dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa fase E di SMA Negeri 10 Muaro Jambi. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the problem based learning (PBL) model based on Socio Scientific Issues (SSI) in improving students' critical thinking skills in economics. This study was a quasi-experimental study, commonly referred to as a pseudo-experiment, using a nonequivalent group pretest-posttest design. The data collection techniques used in this study were observation, tests, and documentation. Purposeful sampling was used, with 33 students in the control class and 33 students in the experimental class. The data analysis technique used in this study was the independent sample T-test on the posttest data of the control class and the experimental class. The result of the hypothesis test calculation is a value of 7.322, while 2.037 with alpha = 0.05 and df = 64 is greater than , namely -7.322 > 2.037, because the result is greater than , the sig. (2-tailed) is smaller than alpha, namely 0.000 < 0.05, so the decision is rejected and accepted. Reject means that the critical thinking skills of students with the socio-scientific problem-based learning model are the same as those with the expository method. Accepted H_a means that students' critical thinking skills using the problem-based learning model based on socio-scientific issues are not the same as those using the expository learning model. Thus, the conclusion is that problem-based learning based on socio-scientific issues is effective in improving the critical thinking skills of phase E students at SMA Negeri 10 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning effectiveness, Problem-Based Learning, Socio-Scientific Issues, Critical thinking skills, Economics subject, Phase E
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: FIKA ANGGRAENI
Date Deposited: 10 Nov 2025 04:08
Last Modified: 10 Nov 2025 04:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87554

Actions (login required)

View Item View Item