ANALISIS PENERAPAN PROSES PRODUKSI HALAL (PPH) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA WARUNG PEMPEK LITA PURI MASURAI II MUARO JAMBI

Yuana, Neni (2025) ANALISIS PENERAPAN PROSES PRODUKSI HALAL (PPH) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA WARUNG PEMPEK LITA PURI MASURAI II MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (77kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN DAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (304kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (307kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI NENI YUANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan proses produksi halal (PPH) serta strategi yang dapat diterapkan dalam penerapan peroses produksi halal pada Warung Pempek Lita Puri Masurai II Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode analisis SWOT sebagai teknik analisa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Warung Pempek Lita telah menerapkan prinsip halal dalam setiap tahapan produksinya, mulai dari pemilihan bahan baku, pengolahan, dan pengemasan. Dan penerapan proses produksi halal (PPH) dengan mengetahui dan membandingkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang menciptakan empat strategi penerapan PPH dalam upayah meningkatkan kepercayaan konsumen pada warung pempek lita puri masurai II muaro jambi yaitu : (1) Strategi SO (Strengh-Opportunities) Perlu memperkuat citra produk dengan menonjolkan penggunaan bahan segar tanpa pengawet dan proses produksi yang dilakukan secara mandiri dan bersih. (2) Strategi WO (Weakness-Opportunities) Mengajukan pelatihan dan pendampingan dari lembaga halal seperti MUI atau LPPOM untuk meningkatkan pengetahuan pemilik usaha terhadap standar halal dan sistem jaminan produk halal (SJPH). (3) Strategi ST (Strenght-Threats) Memberikan edukasi kepada konsumen bahwa pempek diproduksi secara mandiri dan hati-hati sesuai prinsip halal, guna menumbuhkan loyalitas pelanggan meskipun di tengah persaingan yang ketat. (4) Strategi WT (Weakness-Threat) Segera memisahkan area dapur produksi dengan dapur rumah tangga walaupun secara sederhana, sebagai bentuk komitmen terhadap penerapan prinsip halal dan peningkatan higienitas produksi. Kata Kunci: Produksi Halal, Pempek, Sertifikasi Halal, SWOT.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Halal Production, Pempek, Halal Certification, SWOT.
Subjects: K Law > KD England and Wales
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: NENI YUANA
Date Deposited: 12 Nov 2025 07:40
Last Modified: 12 Nov 2025 07:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87658

Actions (login required)

View Item View Item