Pengaruh Media Kunang-Kunang Hitung (Firefly Math) Terhadap Kemampuan Berhitung Peserta Didik Kelas 2 Sekolah Dasar

Nurhalizah, Siti (2025) Pengaruh Media Kunang-Kunang Hitung (Firefly Math) Terhadap Kemampuan Berhitung Peserta Didik Kelas 2 Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI SITI NURHALIZAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (238kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh dari Media Kunang-kunang Hitung (Firefly Math) terhadap kemampuan berhitung peserta didik kelas 2 di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 55/I Sridadi dengan alamat di jalan Tembesi, Kelurahan Sridadi, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi. Setelah itu data dianalisis menggunakan teknik Mixed-Design ANOVA. Dalam penelitian terdapat perbedaan jumlah sampel yang mengikuti pretest dan posttest di tiap kelas. Sehingga hanya data peserta didik yang mengikuti kedua tes yang dianalisis, yaitu 13 peserta didik di kelas eksperimen dan 15 peserta didik di kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang cukup signifikan dalam penggunaan media Kunang-kunang Hitung (Firefly Math) terhadap kemampuan berhitung peserta didik kelas 2 SD. Hasil posttest memperlihatkan adanya perbedaan yang signifikan, di mana mean skor kelas eksperimen meningkat menjadi 58,31, sedangkan kelas kontrol mencapai 53,00, dengan selisih mean sebesar 5,31 poin. Data yang dihasilkan berdistribusi normal dan variansnya relatif sama (homogen). Hasil Uji Mixed Design ANOVA (Tests of Within-Subjects Effects), diperoleh dua hasil, yaitu hasil pengaruh waktu (pretest dan posttest) dan hasil interaksi antara waktu dan kelas. Hasil pengaruh waktu diperoleh nilai F(1,26) = 78,057, sig.  0,001, dan nilai partial eta squared sebesar 0,750, dikatakan hipotesis nol (H0) dinyatakan ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan diterima. Pada hasil interaksi antara waktu dan kelas, hasil analisis juga menunjukkan adanya interaksi signifikan antara waktu dan kelas, dengan nilai F(1,26) = 5,736, sig. 0,024 dan nilai partial eta squared sebesar 0,181, dan dikatakan hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan diterima dan H0 dinyatakan ditolak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Kunang-kunang Hitung (Firefly Math) memiliki pengaruh terhadap kemampuan berhitung peserta didik kelas 2 di SD Negeri 55/I Sridadi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Kunang-Kunang Hitung, Kemampuan Berhitung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Nurhalizah
Date Deposited: 14 Nov 2025 02:37
Last Modified: 14 Nov 2025 02:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87724

Actions (login required)

View Item View Item